Juve Jamu Milan, Roma Ditantang Napoli

Juve Jamu Milan, Roma Ditantang Napoli

Ilustrasi.(Foto:Net)

Milan - Juara bertahan Juventus menjamu AC Milan yang sedang terpuruk sambil berupaya memperbesar keunggulan tujuh angka mereka atas pesaing utamanya AS Roma, dan penderitaan-penderitaan Tim Kuning-Merah dapat semakin terasa dengan Napoli yang terinspirasi Gonzalo Higuain kini mengincar peringkat kedua.

Juventus menyia-nyiakan kesempatan untuk memperbesar keunggulan mereka di puncak klasemen menjadi sembilan angka pada pekan lalu, menyusul hasil imbang tanpa gol di markas Udinese.

Namun dengan Roma yang menelan hasil imbang untuk keempat kalinya secara beruntun, pasukan Massimiliano Allegri kini berpeluang membuka jalan untuk meraih gelar juara liga untuk keempat kalinya secara beruntun.

"Memenangi empat gelar berturut-turut bukan hal mudah, khususnya di liga yang mengutamakan taktik dan fisik seperti ini," kata penyerang Carlos Tevez, yang merayakan ulang tahun ke-31nya pada Kamis, kepada HTV.

"Memenangi empat kejuaraan secara beruntun akan membuat kami menjadi lebih dari sejarah." Namun demikian, kompetisi strata tertinggi Italia menghasilkan beberapa kejutan pada pekan lalu dan Roma, yang tersingkir dari Piala Italia setelah kalah 0-2 dari Fiorentina, masih belum melempar handuk.

Napoli merupakan satu-satunya tim lima besar yang mendulang tiga angka, berkat kemenangan 2-1 di markas Chievo ketika rekrutan baru Manolo Gabbiadini mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-62.

Itu merupakan kemenangan besar bagi pasukan Rafael Benitez, dan hal itu tidak luput dari perhatian Roma. Napoli, yang sekarang tertinggal 11 angka dari Juventus, sekarang hanya tertinggal empat angka dari tim peringkat kedua Roma.

Jika Tim Kuning-merah yang sedang dirundung masalah cedera kalah di markas Cagliari dan Napoli mengalahkan Udinese, selisih itu akan berkurang menjadi hanya satu angka.

Penyerang Roma Gervinho, bersama rekrutan baru Seydou Doumbia, masih memperkuat negaranya di Piala Afrika setelah mencetak satu gol saat timnya menang 3-1 atas Republik Demokratik Kongo yang meloloskan Pantai Gading ke final.

Kevin Strootman (cedera lutut) menghadapi absen untuk kurun waktu panjang dan sesama gelandang Daniele De Rossi serta Juan Iturbe juga absen karena cedera.

Bahkan penyerang Victor Ibarbo, yang datang dengan status pemain pinjaman selama enam bulan dari Cagliari pada pekan lalu, juga harus menepi setelah tampil sebagai pemain pengganti saat Roma kalah di ajang Piala Italia pada Selasa.

Tekanan semakin bertambah terhadap Garcia dan pria Prancis itu mengakui, "Kami memerlukan hasil (bagus) di markas Cagliari untuk kembali mendapatkan keberuntungan." Tergelincirnya Roma akan disambut hangat oleh Napoli yang hanya kalah dua dalam 18 pertandingan menjelang mereka menjamu Udinese di San Paolo, yang timnya masih merasakan kegembiraan setelah menang 1-0 atas Inter pada Piala Italia Rabu silam.

Higuain, yang golnya pada menit ke-93 mengamankan kemenangan bagi sang juara bertahan Piala Italia, sedang berada dalam penampilan bagus di mana ia telah mencetak lima gol dalam lima pertandingan liga terakhirnya.

Rafael Benitez segera memuji penampilan Higuain, namun meski memiliki ambisi di Piala Italia, Liga Europa, dan Liga Italia, pelatih asal Spanyol itu tetap berupaya merendah.

"Itu sedikit seperti pertanyaan apakah Anda memilih Ibu atau Ayah Anda," kaat Benitez setelah kemenangan pada Rabu. "Semua fokus saya tertuju pada pertandingan berikutnya." Sementara itu Inter akan menjamu Palermo pada Minggu sambil bertekad mengakhiri laju buruk yang membuat Tim Biru-Hitam turun ke posisi ke-13, tertinggal 24 angka dari Juventus.

Inter hanya melepaskan dua tembakan ke gawang saat melawan Napoli pada Rabu dan Mancini, yang memenangi dua dari empat final beruntunnya di Piala Italia pada masa kerja sebelumnya pada 2004-2008, tidak membuang kesempatan untuk mengkritik para pemainnya.

"Mereka seperti ayam-ayam," kata Mancini, yang timnya kalah pada dua pertandingan terakhir dari Torino (kandang) dan Sassuolo (tandang). "Saya bahkan tidak ingat kapan terakhir kali saya kalah pada tiga pertandingan berturut-turut." Berkat hasil-hasil lain pada pekan lalu, dan kemenangan 3-1 atas Parma yang mengakhiri laju tanpa kekalahan selama lima pertandingan, tim rival AC Milan naik ke posisi kesembilan dengan selisih 21 angka dari Juventus dan tertinggal sepuluh angka dari Napoli di urutan ketiga.

Milan memperkenalkan para pemain barunya pada Kamis, termasuk Mattia Destro (Roma), Gabriel Paletta (Parma), dan Luca Antonelli (Cagliari) - meski Juve baru menelan satu kekalahan di liga musim ini.

Jadwal pertandingan Liga Italia (waktu dalam GMT): Sabtu Verona vs Torino (17.00), Juventus vs AC Milan (19.45) Bermain pada Minggu Fiorentina vs Atalanta (11.30), Cagliari vs Roma, Empoli vs Cesena, Napoli vs Udinese, Parma vs Chievo, Sampdoria vs Sassuolo (semua dimainkan pukul 14.00), Inter vs Palermo Bermain pada Senin Lazio vs Genoa (19.45). (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,