Ilegal, 65 Pengusaha Punya Pulau di Kep. Seribu

Ilegal, 65 Pengusaha Punya Pulau di Kep. Seribu

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Sejumlah pengusaha diduga mengalihfungsikan sebagian pulau tak berpenghuni tanpa izin di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

"Sedikitnya ada 65 pengusaha (yang mengalihfungsikan pulau-pulau di Kepulauan Seribu). Kebanyakan dimiliki oleh PT," ungkap Bupati Kepulauan Seribu, Tri Joko di Pulau Pramuka, Sabtu (7/2/2015).

Joko mengatakan, pulau-pulau itu dijadikan sebagai resort. Namun, tak sedikit di antaranya dimiliki oleh  perorangan. "Tapi ada juga yang (dijadikan pulau) pribadi," ungkapnya.

Yang lebih menyedihkan, para pengusaha dengan uang tak terbatas itu sudah mengkavling pulau di Kepulauan Seribu. "Satu pulau ada yang dikavling-kavling, jadi tidak satu pulau dimiliki satu pengusaha," ungkapnya.

Kalangan ara pengusaha itupun, lanjut Joko sudah melanggar Pasal 22 A UU No 1 Tahun 2014, tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.  Izin lokasi untuk pulau dapat diberikan ke perseorangan warga negara Indonesia, korporasi dan koperasi masyarakat. 

"Namun hanya sebatas izin, bukan menjual karena d isana tidak disebutkan sedikit pun mengenai penjualan pulau," tambahnya.(Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:wisata,