Jabar Wujudkan Geo Theater di Karst Citatah

Jabar Wujudkan Geo Theater di Karst Citatah

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung Barat - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar pada tahun 2015 ini mulai merealisasikan pembangunan Geo Theater di Bentangan Karst Citatah. Untuk itu Deddy bersama Kepala BPLHD Jabar Anang Sudarna, Kadis ESDM Jabar Sumarwan Hadisoemarto, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yerry Yanuar, melakukan peninjauan awal ke Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, pada Sabtu pagi (7/2/2015)).

Dalam kunjungan ini Deddy bersama rombongan meninjau karst di daerah Gunung Pabeasan dan Karang Panganten, yang selama ini sering dijadikan tempat untuk berlatih memanjat tebing.

Deddy  menegaskan, bahwa ini bukan inspeksi mendadak atau sidak. Akan tetapi sebagai peninjauan untuk menentukan zonasi atau deliniasi di kawasan karst yang cocok untuk dijadikan geo theater.

“Jadi bukan sidak untuk menutup atau menertibkan, tidak. Tapi untuk menentukan zonasi atau deleniasi mana yang memungkinkan untuk suatu kawasan geo theater yang saya namakan sementara ini. Yang nanti kita akan buat artis impression-nya, kemudian kita lihat aksesnya ke daerah itu, dari Kota Bandung atau dari tol seperti apa, kita pelajari. Saya kira pertama menyelamatkan alam lingkungan, tapi ada pemberdayaan ekonomi masyarakat di dalamnya. Untuk mengembangan ekonomi kreatif yang sangat kaya di Jawa Barat ini,” beber Wagub Jabar.

Pembangunan geo theater ini menurut Deddy, rencananya membutuhkan lahan seluas 100 hektare. Dan untuk pembebasan lahannya direncanakan selesai pada tahun 2015. Diharapkan dengan tumbuhnya kawasan ekonomi kreatif, maka dengan sendirinya akan menghentikan aktifitas penambangan liar yang merusak alam.

“Jadi kita mesti melihat zonasi mana, dan tadi sudah melihat kawasan-kawasan tertentu yang sudah mengalami kehancuran. Itu butuh penertiban tapi urusannya lain. Makanya ini ada dari Dinas ESDM, BPLHD, dan Asda 2, ini bagaimana mengembangkan suatu wilayah supaya pembenahan wilayahnya tumbuh. Mudah-mudahan galian-galian liar yang ada kalau ada kegiatan ekonomi di sana akan berhenti dengan sendirinya,” jelasnya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,