Film "Boyhood" Rebut 3 Piala Penghargaan Inggris

Film

Cuplikan dalam Film "Boyhood".

London  - Film drama "Boyhood" memboyong tiga penghargaan termasuk untuk film dan sutradara terbaik di ajang penghargaan film terbesar Inggris pada Minggu (8/2/2015) waktu setempat.

British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) memberikan penghargaan kategori sutradara terbaik kepada Richard Linklater untuk film yang dia buat selama 12 tahun dengan pelakon sama itu.

Patricia Arquette, yang memenangkan penghargaan sebagai aktris pendukung terbaik untuk perannya sebagai orangtua tunggal dalam "Boyhood", mengatakan Linklater telah "membuat cerita biasa menjadi luar biasa."

Sementara "The Grand Budapest Hotel" membawa pulang lima penghargaan. Film tentang petugas hotel legendaris dan anak didiknya itu mendapat penghargaan untuk naskah film asli, desain kostum, desain produksi, tata rias dan rambut, serta musik latar.

"The Theory of Everything" juga mengumpulkan tiga penghargaan BAFTA, salah satunya penghargaan kategori pemeran utama terbaik yang diperoleh Eddie Redmayne.

Redmayne mendapat penghargaan untuk perannya sebagai Stephen Hawking dalam film yang juga memenangi penghargaan sebagai film istimewa itu.

Dia mengatakan Hawking dan keluarganya mendukung produksi film tersebut. Sang fisikawan juga menghadiri acara penghargaan itu dan mendapatkan tepuk tangan saat membawakan penghargaan efek visual khusus untuk film epik antariksa "Interstellar".

Selain itu ada aktris Julianne Moore yang mendapat penghargaan sebagai aktris pemeran utama terbaik untuk perannya sebagai profesor linguistik yang sakit Alzheimer dalam "Still Alice".

J.K. Simmons memenangi penghargaan kategori pemeran pendukung terbaik untuk perannya sebagai guru drum jazz di "Whiplash". Film yang digarap sutradara Amerika, Damien Chazelle, dalam 19 hari itu juga mendapat penghargaan untuk pengeditan dan suara.

Emmanuel Lubezki memenangi penghargaan kategori sinematografi untuk kerjanya dalam "Birdman". Tapi kisah satir bisnis hiburan itu gagal mendapat penghargaan besar di BAFTA.

Pemenang lainnya adalah aktor Inggris berusia 24 tahun, Jack O'Connell, yang mendapat penghargaan Rising Star, satu-satunya penghargaan dari pemungutan suara publik.

Juga ada "Citizenfour", dilm arahan sutradara Laura Poitras tentang tentang pengungkap rahasia pemerintah Amerika Serikat, Edward Snowden, yang dapat penghargaan untuk film dokumenter.

"The Lego Movie" memenangi penghargaan kategori animasi, dan film Polandia "Ida" membawa pulang penghargaan film berbahasa selain Inggris terbaik.

"Boogaloo and Graham" dapat penghargaan untuk film pendek terbaik dan "The Bigger Picture" menang penghargaan kategori animasi pendek.

Sementara Stephen Beresford dan David Livingstone dapat penghargaan Debut karena menulis dan memproduksi "Pride".

Namun "The Imitation Game" gagal mendapat satu pun penghargaan meski masuk sembilan nominasi dalam penghargaan yang dipandu oleh komedian Stephen Fry itu, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.(Ode)**

.

Categories:Film,
Tags:film,