Cimahi Optimalkan Lahan Pertanian 200 Hektare

Cimahi Optimalkan Lahan Pertanian 200 Hektare

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cimahi - Pemerintah Kota Cimahi berupaya mengoptimalkan lahan pertanian yang hanya tersisa seluas 200 hektare tahun 2015 untuk memberikan kontribusi ketahanan pangan secara nasional.

"Walaupun punya lahan minim, namun kita tetap berupaya meningkatkan produktivitas pertanian," kata Kepala Dinas Koperasi, Perindusterian, Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi Huzein Rachmadi di Cimahi, Selasa (10/2/2015).

Ia menuturkan, keterbatasan lahan pertanian itu mampu menghasilkan produksi pertanian yang bagus.

Seperti produksi padi setiap tahunnya, kata dia, mampu menghasilkan padi yang unggul dengan rata-rata petani di Cimahi dapat memproduksi 6,5 ton padi per hektare.

"Angka diatas 6,5 ton per hektare itu sudah diatas rata-rata dengan kualitas yang bagus," katanya.

Upaya mengoptimalkan lahan pertanian itu, Huzein mengatakan, salah satunya menjalin keja sama dengan TNI untuk mempertahankan lahan pertanian agar terus produktif.

"Kami menjalin kerja sama dengan berbagai pihak termasuk TNI, dengan lahan seluas itu bagaimana kontribusi untuk produktivitas tetap tinggi," katanya.

Menurut dia, lahan pertanian di Kota Cimahi sudah sempit karena meningkatnya penduduk akibat urbanisasi yang menuntut penyediaan sarana pemukiman.

Selain itu, lanjut dia, keterbatasan sumber daya air memicu masyarakat untuk mengubah lahan pertaniannya untuk dijadikan berbagai kebutuhan hidup seperti membangun rumah.

"Urbanisasi di Kota Cimahi telah meningkatkan tuntutan akan penyediaan sarana pemukiman dan sosial lainnya," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:ekonomi,