Kadin Kota Bandung Gaet Jerman

Kadin Kota Bandung Gaet Jerman

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung melanjutkan kerja sama bisnis dengan Industrie und Handeskammer (IHK) Kota Trier Jerman dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

"Kerja sama dengan IHK Triere Jerman sudah berlangsung sejak 2012, dan tahun ini diperpanjang. Salah satunya dalam pengembangan SDM terutama menjelang pemberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015," kata Ketua Kadin Kota Bandung Deden Y Hidayat di Bandung, Selasa (10/2/2015).

Menurut dia, pihaknya akan mengubah paradigma dan anggapan tentang AEC 2015 yang banyak diposisikan sebagai sebuah tantangan menjadi sebuah peluang yang harus dijawab melalui aksi dari para pelaku usaha Indonesia.

Kerja sama dengan IHK Trier itu, pihaknya memiliki tiga prioritas yakni pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) jajaran Kadin Kota Bandung, meningkatkan peran dan keberadaan Kota Bandung yang selama ini menjadi salah satu main destination wisata, sebagai kota transaksi.

"Prioritas ketiga terkait dengan AEC 2015 menyiapkan dan menyusun strategi tepat supaya menjadikan ajang kerja sama ekonomi negara-negara ASEAN itu sebagai sebuah peluang, bukan ancaman," katanya.

Deden menyebutkan saat ini 80 persen produk interland Kota Bandung, yang terdiri atas delapan kota-kabupaten bertransaksi di Kota Kembang.

"Sudah banyak program yang digulirkan dari kerja sama ini, sehingga kami memperpanjang dan mempererat kerja sama ini hingga 2018," kata Deden.

Sementara itu, koordinator program IHK Trier, Andreas Gosche mengatakan pihaknya memutuskan untuk meneruskan dan mempererat kerja sama dengan Kadin Kota Bandung bukan tanpa alasan.

Menurut dia Kadin Kota Bandung merupakan mitra yang tepat bagi IHK Trier. Pada dasarnya kerja sama itu dapat berefek positif bagi perkembangan dunia ekonomi pada era persaingan kian ketat.

"Efek positif itu tidak hanya bagi dunia usaha Kota Bandung tetapi juga Jerman," katanya.

Melalui berbagai program, kata Gosche, pihaknya mendukung pertumbuhan dan penciptaan wirausaha baru di Kota Bandung. Caranya, melalui pendampingan dan pelatihan.

"Saya kira, Jerman siap berinvestasi di Kota Bandung. Bentuknya, tidak hanya berupa cash money, tetapi juga hal lain. Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk investasi yang bersifat jangka panjang," kata Andreas Gosche menambahkan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,