"Forum BPK Mendengar" Buka Transparansi Antarinstansi

Ketua BPK Perwakilan Jawa Barat Cornell Syarief. (Foto: Tris Doddy)

Bandung - Badan Pengawas Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Barat, menyelenggarakan Forum BPK “Mendengar”, yang bertempat di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Kamis (2/10/2014) siang. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai jembatan untuk menyampaikan kritik dan saran dari berbagai pihak mengenai kinerja BPK.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), yang juga menjadi pembicara pada forum, mengatakan bahwa kegiatan dalam rangka peningkatan kualitas kinerja BPK tersebut patut diapresiasi. Menurutnya, Forum BPK “Mendengar” ini merupakan salah satu praktek pencegahan adanya penyimpangan hukum.

“Ini adalah sebuah program sangat bagus”, ujar Aher ditemui usai forum. Biasanya BPK memeriksa sebagai lembaga negara, nah sekarang mendengar, seperti apa rasanya orang yang selama ini diperiksa oleh BPK,” ungkapnya.

Aher menjelaskan, adanya kesamaan pemahaman antar lembaga pemerintahan, sangat penting bagi kelancaran pembangunan daerah. Untuk itu, keterbukaan dalam menerima kritik dan saran dari berbagai instansi, sangat berperan dalam menciptakan transparansi kinerja.

Selain itu Aher juga menambahkan bahwa segala kritik dan masukan dari pihak Pemerintah Daerah, sebagai objek pemeriksaan BPK, memang harus diungkap segamblang mungkin, agar dapat mencegah timbulnya persepsi sepihak.

Namun, jika ada kelemahan pemeriksaan dari pihak pemerintah daerah, Aher menghimbau untuk dapat memperbaikinya bersama-sama, sehingga dapat nyaman satu sama lain dan tidak saling kompromi dalam menutupi kesalahan masing-masing instansi.

Sementara Ketua BPK Perwakilan Jawa Barat Cornell Syarief, mengungkapkan, bahwa Forum BPK "Mendengar" yang pertama kalinya dilaksanakan ini diharapkan dapat membuka transparansi dan kenyamanan bersama antar lembaga pemerintahan.

"Dengan adanya forum ini, bukan hanya pemerintah daerah sebagai objek pemeriksaan BPK, tetapi juga DPRD sebagai penerima laporan BPK, yang semoga dapat saling terbuka dan saling membangun,” Imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut,  BPK juga mengundang Ketua DPRD Sementara Jawa Barat, Wakil Walikota Bandung, Bupati Purwakarta, Walikota Cirebon, dan Guru Besar Universitas Padjajaran Bandung sebagai narasumber.(Ode)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,