Rupiah Melemah, Jokowi Malah Salahkan Yunani

Rupiah Melemah, Jokowi Malah Salahkan Yunani

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bogor - Pelemahan nilai tukar mata uang dunia termasuk rupiah terhadap dolar AS, dinilai Presiden Jokowi utamanya disebabkan oleh gagal bayar utang negara Yunani.

Menurut Jokowi, perubahan dan pergerakan setiap negara selalu memengaruhi negara lain. Hal eksternal itu sering menyulitkan pemerintah Indonesia dalam mengelola perekonomian. Namun  dengan kerja sama yang baik dari pusat sampai daerah kesulitan itu bisa diatasi secara bersama-sama.

Dia menuturkan, pertumbuhan ekonomi hanya 5,1 persen pada tahun lalu. Apabila ingin mengurangi pengangguran dan kemiskinan pertumbuhan ekonomi harus ditingkatkan. ''Terus didorong agar naik dan kalau bisa tiga tahun sudah di atas tujuh persen,'' katanya, Jumat (13/2) siang.

Presiden mengingatkan, pertumbuhan ekonomi jangan sampai melupakan pemerataan. Pasalnya, apabila pertumbuhan ekonomi hanya dirasakan segelintir orang merupakan hal yang sia-sia. Karena itu, semua negara lain memperlambat target perekonomiannya. ''Cina, Malaysia tahun lalu5,8 persen, dan untuk tahun ini pasang target 5,1 persen,'' ujarnya. (Jr.)** 
.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,