Hasto Tak Relevan di Sidang Praperadilan BG

Hasto Tak Relevan di Sidang Praperadilan BG

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto.

Jakarta - Peneliti Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia Evandri G Pantouw menilai, hadirnya Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristyanto sebagai saksi, tidak relevan dengan pokok perkara dalam sidang praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan.
"Saksi pemohon itu membahas deal politik antara pimpinan KPK dengan PDI Perjuangan, sebelum perkara masuk. Itu tidak ada kaitannya dengan perkara itu," ujar Evandri di acara diskusi 'Hasil Pemantauan Praperadilan Komjen Budi Gunawan' di Kantor YLBHI, Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, Minggu (15/2).
 
Dalam persidangan itu, lanjutnya sempat disinggung ranah kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) Komjen Pol Budi Gunawan, dan itu dinilai bukan termasuk perkara yang digugat.
Selain itu, pembuktian terkait kolektif kolegial terhadap penetapan tersangka Budi soal jumlah pimpinan KPK, juga tidak relevan dengan gugatan ini.
"Fokus utama pembuktian pemohon adalah harus lima atau empat pimpinan KPK, bukan domain praperadilan tapi domain PTUN atau judicial reciew di Mahkamah Konstitusi (MK)," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Politik,
Tags:politik,