Bank Asing Tidak Lagi Bebas Salurkan Kredit

Bank Asing Tidak Lagi Bebas Salurkan Kredit

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memperketat pengawasan terhadap bank asing, dan mengarahkan penyaluran kredit dari bank asing. Dengan begitu, bank asing tidak bisa lagi mengucurkan kredit secara bebas.
 
Menurut Deputi Komisioner Pengawas Bank I OJK, Mulya Siregar, kredit bank asing nantinya akan diarahkan kepada sektor yang belum dijamah oleh bank dalam negeri. Misalnya, sektor maritim yang porsi kreditnya masih minim.
 
"Kita tidak akan anti (kepada bank asing), tapi akan arahkan bank asing untuk jamah sektor yang belum terjamah bank umum. Jadi,  tidak akan dilepas semaunya mereka tapi harus diarahkan kepada kredit yang dibutuhkan Indonesia," ungkapnya di Jakarta, Senin (16/2).
 
Oleh karena itu, menurutnya saat ini OJK tengah mempersiapkan definisi baru mengenai bank asing. Dengan begitu, bank umum yang dimodali asing tidak serta merta di cap sebagai bank asing.
"Apakah kalau modal bank asing itu lebih dari 50 persen kita sebut bank asing, atau kalau pihak asing punya modal kurang dari 50 tapi masih mendominasi juga disebut bank asing, ini akan kita definisikan," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Perbankan,
Tags:perbankan,