Karateka Bandung Bisa Go Internasional

Karateka Bandung Bisa Go Internasional

Karateka Bandung Bisa Go Internasional. (Foto: Ade)

Bandung - Perkembangan olahraga karate di Indonesia terbilang pesat, berbagai usia mulai dari anak SD hingga orang dewasa mempelajari bela diri asal Jepang itu. Di Bandung pertumbuhan perguruan karate cukup menjamur. Hampir disetiap sekolah olahraga ini pasti ada ekstrakulikulernya.
 
Kejuaraan karate tingkat nasional ataupun daerah saat ini rutin di gelar, di Bandung berbagai tournament karate tingkat pelajar sering diadakan untuk memperkenalkan olaharaga ini ke semua usia. Beberapa perguruan yang ada sekarang bahkan mulai menerima murid usia dini.
 
Banyak dari mereka memilih olahraga karate sebagai alat untuk membentuk karakter diri seperti  kedisiplinan, kejujuran, dan mental pemberani. Olaharga karate bisa juga dijadikan tameng menjaga diri sendiri. Berbagai jurus karate bisa dipratekan langsung untuk menghalau musuh.
 
Berdasarkan penuturan pelatih Karate perguruan Kei Shin Kan Kota Bandung, Mauludin, Karate Indonesia saat ini cukup terbilang gemilang. Menurut penilaiannya, masing-masing perguruan sekarang bisa mencetak karateka berkualitas.
 
“Banyak karateka asal Bandung yang sudah mengikuti berbagai event nasional dan menjuarainya. Event di Asia Tenggara pun sekarang sudah mulai dijagoi karateka Jawa Barat,” tuturnya Jumat (3/10/2014) .
 
Dia menegaskan, karate Indonesia bisa go internasional asal olahraga ini mendapat banyak dukungan dari pemerintah. FORKI sebagai badan yang menaungi olahraga ini harus bisa mengkoordinir sampai tingkat paling kecil.
“Karate tingkat daerah harus lebih diperhatikan, pelatih professional dan sarana prasarana penunjung perlu diperhatikan. Jika semua sudah dioptimalkan dengan baik rasanya bibit atlit daerah bisa perkembang ke tingkat nasional atau internasional,” tegasnya.
 
Setali tiga uang, Pelatih Karate yang juga Koordinator Bidang Tehnik FORKI Kota Bandung, Dedi Supriatna, saat ditemui CikalNews.com, karate Indonesia punya potensi go internasional karena didukung oleh pelatih berkualitas dan mental atlet yang gigih. Ditambah sarana media latihan yang cukup mudah, setiap murid perguruan bisa memahami  dengan detail masing-masing jurus.
 
“Melalui DVD latihan karate, sekarang murid-murid perguruan bisa mempelajari sendiri dan mengembangkannya bersama bimbingan pelatih. Adanya DVD karate, seorang murid bisa dituntut lebih kreatif lagi mengembang suatu jurus,” ungkapnya.
 
Pihak FORKI pun saat ini sedang mempersiapkan program kerjasama dengan instansi pemerintah untuk lebih memasyarakatkan olahraga karate. Kejuaraan yang disponsori atau didanai salah satu instansi pemerintah setidaknya bisa memacu para atlet karate agar lebih berkembang.
 
“Kedepannya harus ada berbagai kejuaraan yang akan merebutkan trophy menteri, walikota atau gubernur,” Dedi sambil menutup perbincangan. (Ode)**
.

Categories:Olahraga,