Menhub Jonan Hentikan Izin Rute Baru Lion Air

Menhub Jonan Hentikan Izin Rute Baru Lion Air

ilustrasi. (Net)

Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menghentikan izin rute baru maskapai penerbangan Lion Air.
Langkah itu diambil karena pihak Lion Air terkesan lamban dalam menyelesaikan permasalahan delay, yang dialami maskapai ini sejak Rabu (20/2).

"Kita hentikan sementara, kita (Direktorat Udara) akan undang untuk presentasi caranya menangani kalau ada krisis dan sebagainya. Terhitung mulai sekarang. Pokoknya distop," tegas Jonan, Jumat (20/2).

Mengenai sanksi Jonan mengaku, dirinya belum ada pembicaraan lebih jauh dengan Kemenhub dan maskapai terkait. Izin rute baru akan dihentikan sampai Lion Air menunjukkan komitmen terhadap pelaksanaan Standar Operasi Prosedur atau SOP, dalam hal pelayanan publik saat terjadi krisis. 

Pelayanan Lion Air yang dianggap buruk terkait keluhan penumpang hilangnya bagasi dan lainnya, Jonan mengungkapkan sepenuhnya Lion Air harus mengikuti standar pelayanan yang sudah ditetapkan pemerintah. Tentang pelayanan, tidak bisa sembarangan menerapkan sanksi.

"Kalau itu (pelayanan buruk), kita tidak bisa mengenakan sanksi.Kan sudah ada standar pelayanan yang harus diikuti, kalau itu melanggar, ya kita kenakan sanksi, kenakan denda dan sebagainya. Jadi kebanyakan lebih kepada denda kalau seperti pelayanan, hospitality," ujar Jonan. 

Menhub Jonan pun mempersilakan bagi masyarakat jika ingin mengajukan gugatan secara perdata kepada Lion Air. Dia menyatakan, gugat menggugat bukan ranah pemerintah sebagai regulator. 

Ke depan, agar kasus seperti Lion Air tidak terulang, Jonan berharap agar semua maskapai mengikut standar pelayanan yang sudah ada. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:jokowi,