Menkop & UKM, Fasilitasi 5000 Pembuatan Akta Koperasi

Menkop & UKM, Fasilitasi 5000 Pembuatan Akta Koperasi

Menkop & UKM, Fasilitasi 5000 Pembuatan Akta Koperasi

Jakarta-Guna mendorong pelaku usaha mikro mendirikan koperasi, Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM, Anak Agung Ngurah Puspayoga, memfasilitasi pembuatan akta pendirian koperasi pada 5000 koperasi di seluruh Indonesia. Per Koperasi mendapat bantuan sebanyak Rp. 2,5 juta.

"Kementerian koperasi dan UKM memfasilitasi dengan cara memberikan subsidi pembayaran dalam pembuatan akta notaris bagi pelaku usaha mikro yang tidak mampu dalam mendirikan koperasi berbadan hukum. Satu koperasi mendapat bantuan  Rp. 2,5 juta. Subsidi setidaknya dapat meringankan pelaku usaha mikro mendirikan koperasi," ucap Kepala Bidang Penelahaan Kasus Kemenkop dan UKM, Irianta Narun dalam diskusi bertajuk, ' Melalui Koperasi, Membangun Kemitraan dengan Semangat Gotong Royong Mewujudkan Indonesia yang Berdikari secara Ekonomi', Senin (23/2/2015).

Melalui subsidi pembayaran pembuatan akta pendirian koperasi, khususnya para pedagang mikro,  diharapkan dapat meningkatkan kesejateraan anggotanya. Disamping itu, mereka bisa mendapat kepercayaan dari perbankan ketika melakukan pinjaman, tidak bedanya Perseroan Terbatas (PT).

"Koperasi tidak bedanya PT memiliki kesempatan sama, seperti mengikuti tender, mendapata pinjaman bank," tambah Irianto.

Irianta menyatakan, subsidi hanya baru di DKI Jakarta dan Bali, karena di dua tempat tersebut, koperasinya bagus. Dan kepedulian pemerintah setempat sangat baik terhadap koperasi.

"Jadi bukan karena menterinya orang Bali mau memfasilitasi, tetapi memang koperasi disana bagus dan Pemda juga sangat peduli," ucap Irianta.

Selain Bali dan DKI, koperasi di sejumlah daerah lainnya juga sangat menonjol seperti Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di Indonesia ada sekitar 206 ribuan koperasi. 70 persen masih aktif, sisanya sudah tak aktif lagi. Irianta menuturkan, penyebab koperasi tidak aktif,  antara lain, kurang modal dan tidak pahamnya pengurus koperasinya. (Ode)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,