PN Jaksel Tolak Kasasi KPK Praperadilan BG

PN Jaksel Tolak Kasasi KPK Praperadilan BG

ilustrasi. (Net)

Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak berkas kasasi yang diajukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), atas putusan praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan.

Pelaksana Tugas Komisioner KPK Johan Budi Sapto Prabowo di Jakarta, Senin (23/2) menyatakan pihaknya akan membicarakan penolakan berkas itu guna mengambil langkah berikutnya. "Kami belum menerima putusan. Setelah menerima nanti akan dibawa ke rapat dengan pimpinan, biro hukum untuk tentukan langkah yang ditentukan terkait juga permintaan kasasi KPK yang ditolak PN Jaksel," katanya seusai bertemu Jaksa Agung HM Prasetyo.

Humas PN Jaksel I Made Sutrisna melalui sejumlah media online mengatakan, berkas kasasi yang diajukan oleh KPK tidak bisa diterima hingga tidak ditindaklanjuti ke Mahkamah Agung (MA).

"Berkas pasti tidak akan dikirim karena nanti pasti tidak dinyatakan diterima (oleh MA). Secara formal tidak memenuhi syarat," katanya.

KPK mengajukan kasasi terkait dengan putusan praperadilan yang menyatakan, penetapan Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan, sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi terkait berbagai transaksi mencurigakan yang ditangani KPK tidak sah.

"Sudah ada putusan untuk melakukan upaya hukum kasasi terhadap praperadilan," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha.

Pada 16 Februari 2015, hakim tunggal Sarpin Rizaldi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan, surat perintah penyidikan nomor 03/01/01/2015 tanggal 12 Januari 2015 yang menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka tidak sah dan tidak berdasar, atas hukum karenanya penetapan perkara tak punya kekuatan hukum mengikat. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:kpk,