Ke Depan, Batu Akik Perlu Standarisasi Produk

Ke Depan, Batu Akik Perlu Standarisasi Produk

Bermacam batu akik dengan harga yang murah hingga milyaran rupiah. (Foto : Ade)

Bandung – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Ferry Sofwan menilai, standarisasi batu akik itu perlu segera diadakan agar tidak ada penyalahgunaan atau penipuan yang bisa merugikan masyarakat. 

Ke depan para ahli batu harus membuat standar produk batu akik yang benar, agar tidak merugikan banyak orang karena ulah nakal pedagang batu akik.

 

Ferry Sofwan menjelaskan, baik pengolah batu akik atau penggemar batu akik harus paham betul jenis dan kualitas suatu batu akik. Dengan adanya standarisasi bisa membantu mereka dalam mendapatkan batu terbaik.

 

“Produsen batu akik juga harus paham standariasasi dari batunya, jangan sampai dia menjual murah batunya, padahal harganya bisa jauh lebi mahal. Begitu juga dengan para kolektor membeli mahal batu tapi batu itu harganya murah,” jelasnya.

 

Disperindag Jawa Barat siap membantu para pengusaha batu akik dan produsen, dalam memproduksi batu berkualitas. "Kita melakukan pelatihan kepada para perajin batu akik di daerah, yang mempunyai sumber daya alam berlimpah. Di Cianjur, atau Sukabumi banyak daerah penghasil batu akik,” paparnya. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:gaya-hidup,