Pengrajin Batu Akik Harus Kreatif

Pengrajin Batu Akik Harus Kreatif

Batu akik juga bisa di buat menjadi hiasan naga. (Foto : ADE)

Bandung – Ferry Sofwan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, menilai saat ini para pengrajin batu akik belum cukup kreatif untuk menghasilkan produk yang beraneka jenis. Saat ini batu akik hanya identik sebagai batu cincin padahal batu ini bisa di buat untuk perhiasan lain seperti ; kalung, anting, gelang, bros, dan hiasan lainnya.

 

Menurut Ferry Sofwan, Disperindag Jawa Barat menginginkan batu akik bisa terus berkembang dan bukan hanya menjadi perhiasan kaum lelaki saja, untuk para kaum wanita, berbagai hiasan dari batu akik pun bisa di buat.

 

“Untuk perempuan bisa di bikin anting, kalung, bros atau hiasan lainnya. Kalau pengrajin sudah kreatif menciptakan berbagai produk, nilai jual batu akik bisa semakin mahal,” jelas Ferry Sofwan di Gem Stone Festival di halaman gedung RRI Bandung, Rabu (25/2/2015).

 

Ferry menambahkan, jenis batu seperti panca warna dan jasper merah dari daerah Garut dan Tasikmalaya bisa dibuat hiasan liontin, gelang, atau kalung.

 

“Kedua batu itu jika dikreatifkan dan di bentuk barang atau perhiasan lain selain cincin pasti lebih menarik dan harganya semakin mahal,” tambahnya.(Ode)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,