Tawung Agung Tempat untuk Mensucikan Diri

Tawung Agung Tempat untuk Mensucikan Diri

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta-Hindu universal, pelaksanaan lokasi upacara Tawur Agung yang berlangsung di pelataran Candi Prambanan sebelum hari raya Nyepi,  21 Maret, menurut Suwisma dapat juga dilakukan oleh umat Hindu di masing-masing daerahnya.

"Ini bisa memberi gambaran kepada seluruh bangsa, kalau Hindu universal. Tidak hanya berada di Bali. Melainkan ada di sejumlah daerah seperti Jawa, Toraja, Madura dan daerah-daerah lainnya," ucap  Ketua PDHI Pusat, Sang Nyoman  Suwisma di Kementerian Agama, Senin (2/3/201) d

Pada dasarnya,  upacara Tawur Agung nanti dihadiri oleh umat dari berbagai wilayah di nusantara.

Gede Sumertha menuturkan, upacara akan dihadiri sekitar 15 ribuan orang. Berhubung tahun ini tidak digelar Dharma Santi Nasional, panitia perayaan hari raya Nyepi nasional sangat berharap presiden dan wakil presiden serta para menteri bisa hadir.

"Tahun ini Dharma Shanti dilakukan secara desentralisasi. Kami serahkan ke provinsi-provinsi. PHDI Pusat bergabung dengan DKI Jakarta," ucap Suwisma.

Perayaan hari raya Nyepi tahun 2015 ini,  mengambil tema, "Penyucian diri dan alam semesta nenuju peningkatan kualitas kerja".

Melalui pelaksanaan upacara Tawur Agung diharapkan para umat dapat berkumpul menyucikan diri dan alam semesta sesuai dengan tema hari raya Nyepi. Ditambah lagi dapat membangun hubungan simakrama yang lebih baik dimasa mendatang. Mengingat pentingnya hubungan dengan sesama umat manusia sebagai pelaksanaan konsep Tri Hita Karana.

Menyambut perayaan hari raya Nyepi sendiri dilakukan berbagai kegiatan. Antara lain, peduli terhadap lingkungan, bakti sosial, upacara Melasti baik tingkat pusat maupun di provinsi masing-masing. Di Jakarta upacara Melasti berlangsung pada 15 Maret nanti di pantai Cilincing, Jakarta Utara. (Ode)**

.

Categories:Wisata,
Tags:wisata,