Sektor Pendidikan Jalur Utama Arus Tenaga Kerja

Sektor Pendidikan Jalur Utama Arus Tenaga Kerja

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Sektor pendidikan akan menjadi jalur utama arus tenaga kerja saat berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, kata Deputi I Dirjen Pendidikan Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi Widyo Winarso di Bandung, Selasa (3/3/2015).


"Pendidikan menjadi jalur utama untuk mengikuti arus tenaga kerja MEA. Kedepannya ijazah S1 yang diterima di setiap negara akan sama," kata Widyo pada seminar di Kampus Universitas Pasundan (Unpas) Kota Bandung itu.

Menurut dia, persiapan Indonesia dalam menghadapi MEA salah satunya di sektor pendidikan dengan meningkatkan mutu pendidikan agar para lulusan perguruan tinggi Indonesia memiliki daya saing di tingkat regional.

Widyo menyebutkan, upaya peningkatan daya saing lulusan perguruan tinggi atau sarjana merupakan bagian dari strategi untuk memasuki MEA. Selain itu juga meningkatkan kompetensi profesi di bidang masing-masing.

Selain pengembangan tenaga kerja, MEA juga harus diikuti oleh mobilitas barang dan jasa termasuk dalam sektor pendidikan.

Menurut dia, pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi akan mengkonstruksikan kalender pendidikan di ASEAN, salah satunya dengan Malaysia.

"Sekarang kalender kita hanya beda satu bulan dengan Malaysia. Setelah itu lulusan dari jurusan yang sama dari setiap negara di ASEAN harus setara kompetensinya," kata Widyo.

Lebih lanjut, ia mengatakan negara-negara di ASEAN diharapkan dapat menyatukan kekuatan dan potensi melalui bingkai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Kita harus melihat MEA sebagai ajang menyatukan kekuatan demi menyamai kemajuan yang telah diraih Tiongkok, Korea Selatan dan Jepang," katanya Dia mengatakan ada empat strategi dalam menghadapi MEA, salah satunya adalah saling menguatkan kompetensi dan kualifikasi sumber daya manusia.

"Tenaga kerja harus bertindak dan bekerja untuk daerah tetapi harus dibarengin oleh pengetahuan global," katanya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,