Wagub Deddy M, Ciletuh Bisa Jadi Geopak Nasional

Wagub Deddy M, Ciletuh Bisa Jadi Geopak Nasional

Wagub Jabar Deddy Mizwar, berikan pengarahan dalam rapat koordinasi pengembangan Geopark Ciletuh di Biofarma, Bandung Rabu (4/3/2015).(TrisDoddy)

Bandung - Daerah Ciletuh dari kacamata ilmu geologi ataupun dari keindahan alamnya mempunyai potensi yang sangat besar. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar membentuk tim kerja agar di tahun 2015 ini Ciletuh bisa ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Tim kerja ini dibentuk pada Rakor Pengembangan Geopark Ciletuh di Biofarma, Rabu (4/3/2015). 

“Membentuk tim kerja, yang pertama bagaimana mengusulkan Ciletuh menjadi Geopark Nasional. Berkerjasama juga dengan Geologi dari Unpad. Nanti Pemprov yang mengajukan permohonan itu tadi, minimal tahun ini bisa ditetapkan menjadi Geopark Nasional,” ungkap Wagub Jabar kepada wartawan.

Tim kerja tersebut menurut Deddy juga bertugas menentukan Deliniasi atau penentuan batas sementara suatu wilayah di kawasan Ciletuh yang mempunyai potesi  yang paling unik.  Sebagai landasan pembentukan master plan serta menentukan event internasional apa saja yang bisa digelar di Ciletuh.  

“Kedua, tim tersebut membentuk deliniasinya seperti apa, kemudian master plannya seperti apa. Selanjutnya kegiatan apa yang bisa kita lakukan ditahun ini. Keputusan kita tidak harus besar deliniasi tersebut, tetapi yang menjadi bagian unik itu dimana, yang sekarang menjadi kawasan Ciletuh awal,” tandasnya.

Selanjutnya Wagub Jabar mengatakan, kawasan Geopark Ciletuh dengan keunikannya bisa diajukan sebagai Geopark bertaraf Internasional.

“Bebatuan yang unik dari kawasan lainnya. Nah deliniasi ini akan ditentukan oleh tim kerja ini. Sehingga itu menjadi syarat untuk memohon menjadikan Ciletuh Sebagai Geopark Nasional. Yang kita harapkan setahun kemudian menjadi Internasional. Tetapi untuk tahun ini kegiatan apa yang bisa kita lakukan disana. Internasional event apa dan pembangunan dimananya yang bisa kita lakukan,” pungkas Deddy.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,