BMKG, Seluruh Jawa Masih Musim Kemarau

BMKG, Seluruh Jawa Masih Musim Kemarau

Peta Cuaca Yang Dirilis BMKG Menunjukkan Seluruh Jawa Masih Musim Kemarau. (Foto: BMKG)

Jakarta - Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, seluruh wilayah di Pulau Jawa saat ini masih berada dalam musim kemarau dan belum memasuki musim hujan.

"Prediksi kami sebagian wilayah Indonesia, musim hujannya akan dimulai awal Oktober ini. Namun untuk Jawa masih musim kemarau hingga saat ini," kata Kepala Sub Bidang Analisis dan Informasi Iklim BMKG Ardhasena Sopaheluwakan, di Jakarta, Senin (6/10/2014).

Ia mengatakan, salah satu faktor yang menyebabkan musim kemarau di Pulau Jawa adalah adanya Angin Monsun dari Australia. "Keberadaan angin ini dirasakan masih cukup kuat, sehingga di Jawa saat ini masih kemarau," ujarnya.

Menurutnya, jika musim kemarau tiba di Pulau Jawa maka wilayah pertama yang akan dilanda hujan adalah bagian barat Pulau Jawa.  "Jadi dari Lampung masuk ke Banten kemudian ke Jawa Barat terus ke Jateng kemudian ke Jawa Timur," katanya.

Meski saat ini seluruh wilayah di Pulau Jawa masih musim kemarau, tapi sebagian wilayah Pulau Sumatera sudah memasuki musim hujan. Wilayah itu sebagian Aceh dan Sumatera Utara sudah masuk musim penghujan pada awal Oktober 2014. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,