Pemda Alokasikan 50 Persen APBD untuk Belanja Pegawai

Pemda Alokasikan 50 Persen APBD untuk Belanja Pegawai

Ilustrasi.(Foto:Net)

Purwakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi menjelaskan, saat ini lebih dari 50 persen pemerintah daerah mengalokasikan setengah APBD-nya untuk belanja pegawai.

"Di Indonesia, hampir separuhnya atau lebih dari 50 persen pemda mengalokasikan APBD untuk pegawainya di atas 51 persen," kata Yuddy saat melakukan kunjungan ke Purwakarta, Senin (9/3/2015) malam.

Aturannya kata politisi Partai Hanura itu, setiap pemda di Indonesia yang alokasi APBD untuk belanja publiknya lebih dari 51 persen, tidak boleh melakukan pengadaan CPNS.

"Sebenarnya kalau belanja pegawai pemda di atas 51 persen, maka daerah itu tidak boleh melakukan pengadaan rekrutmen pegawai pemerintah baru karena akan membebani APBN," ujar Yuddy.

Karenanya, hal yang perlu dilakukan menurutnya ada dua hal. Pertama melakukan efisiensi anggaran dengan mengurangi belanja tidak perlu.

"Lalu kedua dengan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mengembangkan potensi-potensi ekonomi kreatif," ujarnya.

Karena dengan begitu, otomatis kata Yuddy, perimbangan keuangan daerahnya bakal semakin tinggi.

"Baru kalau alokasi belanja pegawainya di bawah 50 persen, bisa melakukan pengadaan CPNS. Kalau sebaliknya, prinsipnya enggak boleh rekrut pegawai baru," ujarnya. (AY)

.

Categories:Daerah,