Pemprov Siapkan 25 Ha untuk Rancabuaya

Pemprov Siapkan 25 Ha untuk Rancabuaya

ilustrasi. (Net)

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan lahan 25 hektar untuk pengembangan potensi wisata Pantai Rancabuaya di kawasan selatan Kabupaten Garut.

"Pemerintah Provinsi rencananya akan menyiapkan 25 hektare untuk pengembangan objek wisata Rancabuaya," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Mlenik Maumeriadi melalui telepon seluler, Selasa (10/3/2015).

Ia menuturkan, lahan seluas itu rencananya akan dibangun masjid besar, sentra penjualan kuliner, dan cendera mata yang dapat menumbuhan perekonomian masyarakat sekitar.

Lahan dari provinsi itu, kata dia, sudah terealisasi 11 hektare, sedangkan sisanya 14 hektare segera disiapkan seperti dijanjikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

"Kami harap tahun ini lahan sudah tersedia, dengan demikian pembangunan sarana pengembangan wisata disaana mulai dilaksanakan 2016," katanya.

Rencananya pengembangan wisata itu tidak di pinggir pantai, tetapi dekat dengan kawasan Puncak Gua yang berada di dataran tinggi sekitar Rancabuaya di Kecamatan Caringin.

"Pengembangan wisata itu akan dibantu juga dengan anggaran dari APBD Provinsi," katanya.

Ia berharap, upaya pemerintah mengembangkan pariwisata di Rancabuaya mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat.

Masyarakat, harap dia, dapat ikut berperan aktif mewujudkan objek wisata pantai agar tumbuh berkembang dan mampu menarik minat wisatawan dari berbagai daerah.

"Masyarakat harus mendukung dengan kemampuuan yang ada," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,