Pemkab Sukabumi Targetkan Perbaiki 772 RTLH

Pemkab Sukabumi Targetkan Perbaiki 772 RTLH

Ilustrasi.(Foto:Net)

Sukabumi - Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menargetkan pada 2015 ini memperbaiki sebanyak 772 rumah tidak layak huni atau RTLH yang tersebar di 47 kecamatan.


"Di Kabupaten Sukabumi terdapat 386 desa, satu desa kami targetkan dua RTLH yang diperbaiki, sehingga jika ditotalkan mencapai 772 unit RTLH," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Gelora Siswati di Sukabumi, Kamis (12/3/2015).

Menurutnya, anggaran untuk perbaikan rumah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Sukabumi setiap RTLH mendapat bantuan Rp4 juta.

Progam itu merupakan bagian dari kegiatan rehabilitasi RTLH bagi keluarga yang hidup atau tinggal di RTLH.

Dalam pelaksanaannya, pihaknya juga melibatkan berbagai elemen masyarakat yang tergabung dalam tim pelaksana rehabilitasi sosial RTLH, yang di dalamnya berasal dari unsur MUI tingkat kecamatan, tokoh agama/kecamatan, aparat desa dan kecamatan.

"Perbaikan RTLH merupakan progam utama pihaknya dan mendapat perhatian khusus dari Pemkab Sukabumi," tambahnya.

Ia mengatakan pihaknya pernah menargetkan pada tahun ini Kabupaten Sukabumi tidak ada lagi RTLH, namun kenyataannya tidak bisa terlaksana.

Hal itu karena dari data dinsos ada 30 ribu RTLH yang tersebar di seluruh kecamatan, sehingga untuk progam ini butuh waktu yang panjang, di samping itu juga membutuhkan anggaran yang besar.

Sementara, Bupati Sukabumi, Sukmawijaya mengatakan untuk perbaikan RTLH tidak bisa ditangani sepenuhnya oleh pemkab dan untuk itu dia meminta bantuan kepada pemerintah pusat, Pemprov Jabar, tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) baik dari BUMN maupun perusahaan swasta dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat.

"Kami juga mengimbau kepada setiap warga agar meningkatkan kepeduliannya, jika ada tetangganya yang tinggal di RTLH antara lain dengan bergotong royong untuk melakukan perbaikan," tambahnya. (AY)
.

Categories:Daerah,
Tags:,