PJT II Tertibkan 925 Keramba Jaring Apung

PJT II Tertibkan 925 Keramba Jaring Apung

Keramba Jaring Apung di Waduk Jatiluhur Purwakarta. (Bima Adi)

Purwakarta - Ratusan Keramba Jaring Apung (KJA) ditertibkan Perum Jasa Tirta (PJT) II, selama tiga bulan terakhir ini. "Total yang sudah ditertibkan mencapai 925 KJA, yang dilakukan setiap hari," kata Harry M Sungguh, selaku Direktur Pengelolaan Air PJT II di Purwakarta, Kamis (12/3).

Untuk menertibkan KJA tersebut, kata Harry pihaknya melibatkan unsur kepolisian dan Pemkab Purwakarta. "Yang ditertibkan itu KJA yang tidak mempunyai izin. Ada juga yang punya izin tapi KJA-nya melebihi batas yang ditentukan, yakni 20 KJA. Lalu ada juga KJA yang rusak turut  ditertibkan," ujarnya.

Penertiban itu sendiri rencananya ditargetkan selama 4 tahun ke depan. Namun, tentu saja jika penertiban dilakukan dengan melibatkan banyak orang, sehingga kebersihan di Waduk Jatiluhur bersih bisa cepat terwujud.

"Target KJA yang akan ditertibkan tersebut mencapai 19 ribu KJA. Maksimal, semua itu bisa diselesaikan selama empat tahun, dengan menggunakan anggaran sebesar Rp 4 miliar," ujarnya.

Penertiban KJA dipandang memiliki nilai positif bagi Jatiluhur. Terlebih lagi, keberadaan KJA selama ini, berdampak buruk pada lingkungan.  "Manfaatnya tentu saja untuk meningkatkan kembali kualitas air dan kebersihan lingkungan," ujarnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:daerah,