Mensos Harapkan Kube Jadi Embrio Koperasi

Mensos Harapkan Kube Jadi Embrio Koperasi

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

Bandung - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengharapkan Kelompok Usaha Bersama (Kube) bisa menjadi embrio koperasi setelah mandiri.


"Pada saat masih dalam Kube ada pendampingan maka setelah Kube mandiri bisa dijembatani untuk menjadi sebuah kelompok yang berbadan hukum seperti koperasi," kata Mensos di Bandung, Jabar, Kamis (12/3/2015).

Dalam paparannya pada acara rapat pimpinan nasional Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Mensos selaku Dewan Pembina Dekopin mengatakan, di Kementerian Sosial terdapat program Kube dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu.

Kube adalah model pemberdayaan melalui kelompok yang terdiri dari 10 orang setiap kelompok dengan bantuan sebesar Rp20 juta.

Dalam kegiatannya, Kube didampingi oleh pendamping dari Kemensos untuk memastikan usaha mereka berjalan dan anggota kelompok bisa mandiri.

"Kita harapkan setelah setahun, Kube bisa mandiri dan pendampingannya sudah lepas. Maka dimasa seperti ini perlu dijembatani menjadi sebuah koperasi," tutur Mensos.

Selain itum Khofifah juga berharap lewat koperasi, kaum perempuan bisa memiliki posisi tawar dan ada kesetaraan posisi, kesetaraa pendidikan status sosial dan ekonomi serta tidak ada diskriminasi.

Dia juga berharap Dekopin bisa menjadi salah satu pola yang dijadikan opsi bagi masyarakat sebagai bagian peningkatan kesejahteraan ekonomi mereka. (AY)
.

Categories:Ekonomi,
Tags:bisnis,