Penulis Skenario Jenderal Sudirman' Riset ke Sejarawan

Penulis Skenario Jenderal Sudirman' Riset ke Sejarawan

Tubagus Dedi sedang mengecek naskah di lokasi syuting (Putri)

Bandung - Dunia perfilman saat ini tak henti-hentinya memberikan hiburan yang menarik juga berbeda untuk masyarakat. Salah satu film layar lebar yang segera dirilis Agustus 2015 ini, yakni film "Jenderal Sudirman" yang mengadakan syuting di daerah Situ Lembang. Jumat (13/3/2015).  

Naskah yang  ditulis oleh Tubagus Dedi ini, tidak hanya berdasarkan buku sejarah, tetapi juga Tubagus melakukan riset ke sejarawan. Tubagus mengungkapkan, sosok Sudirmani banyak yang tidak lengkap di sejarah TNI, banyak pula point of view yang berbeda. Kenyataannya sejarah gerilya belum banyak yang dikupas. Untuk mendapatkan biografi mengenai Sudirman, Tubagus harus riset ke berbagai macam tempat.
 
"Saya riset dengan Julius, baca-baca buku sejarah TNI, nah buku TNI ini banyak yang berbeda versinya. Ada yang lebih ke Soeharto, kalau di Yogya buku-bukunya lebih netra, danl kami juga melakukan pendekatan kepada keluarga Sudirman juga datang kepada sejarawan" ujarnya saat ditemui di lokasi syuting di Situ Lembang.
 
Dalam penulisan naskah, Tubagus merasa kesulitan dalam memilih lokasi karena tempat yang awalnya tercatat dalam sejarah sudah berbeda, hingga akhirnya mencari hutan yang cocok dengan lokasi yang serupa tertulis di buku sejarah. Di tulisan naskah yang ke-4 ini Tubagus mengantisipasi adanya pro dan kontra saat film tayang. Tubagus sendiri sudah mempunyai dasar yaitu referensi buku, sejarawan dan point of view dari masyarakat. 
 
"Sejarah Indonesia ini tidak bisa menilai keakuratannya, karena setiap sejarawan juga melakukan riset dan faktanya memang abu-abu." ujarnya menyimpulkan.
 
Tubagus sendiri menulis naskah Sudirman selama 8 bulan, bersamaan dengan riset-riset tambahan. Yang menarik dalam kisah ini adalah adanya sosok Tan Malaka, yang selama ini sering ditutupi oleh sejarah lainnya. Harapan Tubagus nantinya penonton bisa tahu sejarah film TNI dengan rakyat Indonesia sendiri.(Ode)**
.

Categories:Film,
Tags:film,