Gubernur Jabar Bertekad Jadi Juara PON XIX

Gubernur Jabar Bertekad Jadi Juara PON XIX

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. (Foto : ADE)

Bogor  - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher bertekad untuk menjadikan Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, yang akan diadakan pada September 2016.

"Ieu mah wajib, kudu Jabar jadi juara umum PON. (Ini wajib, Jabar harus jadi juara umum PON)," kata Aher pada peluncuran "555 Hari Jelang PON XIX", di Lapangan Sempur Kota Bogor, Minggu (15/3/2015).

Ia menuturkan, terakhir Provinsi Jabar menjadi tuan rumah PON adalah pada tahun 1961 atau 53 tahun yang lalu.

"Ketika itu Jabar jadi tuan rumah PON Ke-V dan berhasil meraih juara umum untuk ketiga kalinya, setelah PON Ke-II dan Ke-III. Makanya saya bertekad Jabar harus jadi juara umum di PON XIX ini," kata dia.

Pada PON XVIII/2012 di Riau, kata Aher, Jawa Barat hampir menjadi juara umum karena hanya terpaut beberapa medali saja dengan juara umum saat itu.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk suksesnya penyelenggaraan PON XIX/Jabar maka Pemprov Jabar mencanangkan Catur Sukses PON yakni sukses secara penyelenggaraan, sukses secara prestasi, sukses secara ekonomi masyarakat dan sukses secara administrasi.

"Dengan Kujang sebagai Logo PON dan Mang Surili sebagai Maskot PON. Maka melalui catur sukses tersebut Jabar bertekad untuk jadi penyelenggaraan terbaik PON dan jadi juara umum," kata dia.

PON XIX/ 2016 mempertandingkan 43 cabang olahraga yang diikuti oleh 34 provinsi, dengan memperebutkan 750 medali emas, 750 medali perak dan 962 medali perunggu.

Sementara kuota atletnya adalah sebanyak 8.223 orang dan khusus tuan rumah diberikan hak untuk mengikuti semua nomor pertandingan.

Provinsi Jabar siap dengan 600 atlet dan 200 ofisial dan akan hadir kontingen, ofisial, tamu, panel, panitia total sebanyak 13 ribu orang serta melayani 30.000 lebih wartawan cetak atau elektorik.(Ode)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:bandung,