Dua Pesawat TNI AU Tabrakan dan Jatuh di Malaysia

Dua Pesawat TNI AU Tabrakan dan Jatuh di Malaysia

Pesawat berjenis KT-1B Wong Bee buatan Korea Selatan.

Lengkawi - Dua pesawat Jupiter Aerobatic milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) tabrakan dan jatuh, saat melakukan latihan aerobatik di gelaran Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) 2015,  di Pusat Pameran Internasional Mahsuri (MIEC) di Lengkawi Malaysia, Minggu (15/3) sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Menurut laporan media Malaysia Berita Harian, kejadian tersebut ketika enam pesawat jenis KT-1B melintasi MIEC. Dua diantaranya bersenggolan dan kehilangan arah. Kedua pesawat kemudian jatuh di luar area bandara, disusul dengan adanya api dan kepulan asap. Beberapa saksi melihat pilot dan co-pilot sempat melompat keluar dengan parasut, sesaat sebelum pesawat jatuh.
 
Menurut Kepala Dinas Penerangan AU Marsekal Pertama Hadi Tjahyanto, empat orang pilot pesawat berjenis KT-1B Wong Bee buatan Korea Selatan itu berhasil keluar sesaat sebelum tabrakan terjadi. "Ada dua pesawat dan isinya empat awak, mereka semua selamat karena berhasil keluar dari pesawat," katanya.

Latihan tersebut dilakukan untuk membuka acara LIMA 2015 yang berlangsung mulai Selasa depan (17/3) hingga Sabtu (21/3). Saat ini dirinya belum mengetahui penyebab pasti tabrakan bisa terjadi, dan TNI AU masih terus mencoba mencari penyebabnya.

Pesawat KT-1B Woong Bee yang digunakan tim aerobatik TNI AU ‘The Jupiters’ merupakan pesawat buatan pabrikan KIA Aerospace Korea Selatan. Pada 11 Maret 2015, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna melepas keberangkatan tim aerobatik tersebut dari shelter Skadik 102 Lapangan Udara (Lanud) Adi Sutjipto Yogyakarta untuk beraksi di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2015 (LIMA) di Pulau Langkawi, Malaysia mulai 17-21 Maret 2015. 

Diperoleh keterangan, pada ajang itu, The Jupiters yang dipimpin Komandan Skadik 102 Letkol Pnb Feri Yunaldi dan supervisor Komandan Lanud Adi Sutjipto Marsma TNI Yadi Indrayadi Sutanadika, akan unjuk kebolehan dengan menampilkan beberapa manuver andalannya. Misalnya Jupiter Roll, Arraw Head Loop, Clover Leaf, Leader Benefit, Arraw Head Loop and Break Off, Half Cuban-Jupiter Wheel, Tanggo To Diamond Loop, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Kite Barrel Roll, Jupiter Roll Back, Knife Edge dan Arraw Head Loop-Bomb Burst.

The Jupiters sendiri telah beberapa kali tampil pada even internasional, di antaranya pada peringatan 100 tahun penerbangan Thailand, LIMA 2013, The 4th Brunei Darussalam International Defence Exhibition (BRIDEX 2013), dan Singapore Air Show 2014. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:kecelakaan,