2 Rumah Warga Malaysia Terbakar Terkena Pesawat TNI

2 Rumah Warga Malaysia Terbakar Terkena Pesawat TNI

2 Rumah Warga Malaysia Terbakar Terkena Pesawat TNI.(Foto:Net)

Lengkawi - Dua pesawat tim Aerobatic Jupiter TNI AU yang  bersenggolan di udara dan terjatuh di Lengkawi, Malaysia. Satu pesawat terjatuh di area Bandara Internasional Langkawi, sedangkan satu lagi terjatuh di permukiman warga, yang menyulut dua rumah di Kampong Gelam. 

"Saya sedang makan siang, tiba-tiba saya melihat dua pesawat bertabrakan di bagian ekor. Ada asap keluar, dan dua pesawat itu terjatuh," ucap Husin Ahmad, warga di dekat lokasi, seperti dikutip themalaysianinsider.com"Salah satu pasangan pilot berhasil keluar dengan parasut,"katanya. 

Kapuspen TNI AU Mayjen M Fuad Basya menduga faktor angin turut berperan dalam insiden ini. "Saat dua pesawat bersilangan, mungkin ada perubahan cuaca, angin sesaat," sebut Fuad. Keempat pilot ini sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi. Mereka sudah terbiasa melakukan atraksi di udara, meski berisiko tinggi. 

Sementara itu, Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Huseein dan Menhan RI Ryamizard Ryacudu menjenguk empat pilot di Rumah Sakit Lengkawi. Keduanya bersyukur empat pilot berada dalam kondisi baik tanpa luka serius. 

TNI AU masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan, termasuk kemungkinan kesalahan manusia (human error) atau faktor lainnya. Insiden terjadi dalam sesi latihan acara Langkawi International Maritime and Aerospace (Lima) 2015. Belum diketahui apakah TNI AU akan tetap mengikuti acara Lima 2015 tanpa kehadiran dua pesawat KAI KT-1B. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,