Pangdam Harapkan Dolog Beli Gabah dari Petani

Pangdam Harapkan Dolog Beli Gabah dari Petani

Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim.(Foto:Net)

Bandung - Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim berharap Depot Logistik (Dolog) membeli gabah dari petani dengan harga yang sesuai agar petani dapat hidup sejahtera.


"Seyogyanya Dolog turun tangan dan membeli gabah dari petani dengan harga yang sesuai," kata Panglima Kodam (Pangdam) saat panen raya di Kulinyar, Desa Kudangwangi, Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, Jabar, Kamis (19/3/2015).

Ia mengatakan, meskipun sedang terjadi panen raya padi, namun Dolog tetap harus menjaga stabilitas harga gabah dipasaran.

Ia menyampaikan, TNI memiliki peran dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan sesuai program pemerintah.

TNI, lanjut dia, sudah seharusnya terus berupaya menggerakkan, membina, mempelopori, dan mendampingi petani untuk mendukung program pemerintah tersebut.

Dalam pencapaian swasembada pangan lebih lanjut, kata Pangdam, harus dilakukan secara terus-menerus, pembinaan dan pendampingan terhadap para petani.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Yosep Suhayat mengatakan, kawasan Ujungjaya merupakan sentra padi Sumedang yang telah mendapatkan pendampingan dan pembinaan dari para Babinsa Kodim Sumedang.

"Kodim dan Pemkab Sumedang sudah melakukan MOU (pendampingan dan pengawalan)," katanya.

Kegiatan panen raya padi itu dilakukan bersama Bupati Sumedang Ade Irawan dan Ketua DPRD Sumedang.

Selanjutnya Pangdam III/Siliwangi meninjau mesin perontok padi dan melihat beberapa burung hantu yang berperan membasmi hama tikus. (AY)
.

Categories:Bandung,