Tisna Sanjaya Konsisten Kenalkan Seni Jeprut

Tisna Sanjaya Konsisten Kenalkan Seni Jeprut

Seniman Bandung, Tisna Sanjaya. (Foto : Ade)

Bandung – Tisna Sanjaya, seniman asal Bandung yang juga dosen di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, terus eksis dan konsisten mempromosikan seni Jeprut ke berbagai kalangan di Kota Bandung. Dengan sering menggelar pameran dan pertunjukan, Tisna berharap seni ini bisa dimengerti dan dipahami semua orang.

 

Menurutnya, Jeprut lahir dari berbagai ragam motekar yang mengkritisi diri sendiri dan berbagai perlawanan kepada ketidakadilan.

"Seni Jeprut lahir dari kondisi perubahan alam dan perilaku manusia yang tidak terduga. Seni ini lebih sering ditemui dalam keseharian hidup manusia,” ucap Tisna Sanjaya di Galeri Soemardja ITB, Jl. Ganesha, Kota Bandung belum lama ini.

 

Isa Perkasa, Ke'Ruh, Marintan Sirait, Herry Dim-Ine Arini dan Rahmat Jabaril adalah orang-orang yang tergabung dalam seniman Jeprut Bandung.

 

“Jeprut terlahir dari alkulturasi budaya dan seni menulis, melukis, memahat, reak, silat, dan berbagai seni lainnya yang disatukan menjadi suatu karya untuk mengkritik pemerintahan,” tambah Tisna Sanjaya.

 

Umumnya seni Jeprut adalah hasil perpaduan berbagai seni tradisi, modern, dan kontemporer. Hadirnya Jeprut diharapkan bisa menciptakan lingkungan dan pemerintahan yang lebih baik lagi. Jeprut ingin menjadi momentum teks dan konteks yang mengangkat kearifan lokal, untuk menciptakan karya-karya yang memberikan spirit. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,