Temasek Kenalkan Budaya Lewat Dongeng

Temasek Kenalkan Budaya Lewat Dongeng

Bandung - Temasek International School (TIS) mengenalkan budaya dari sejumlah daerah di Indonesia lewat mendongeng cerita rakyat kepada siswa-siswanya.


"Melalui program dongeng kami bertujuan memperkenalkan budaya dengan media dongeng yang bekerja sama dengan beberapa komunitas dongeng di Bandung," kata Kepala Sekolah TIS Lay Ay Ling (47) di Bandung, Sabtu (28/3/2015).

Acara itu mengundang komunitas dongeng seperti kelompok dongeng Bangkimut dan Tetangga Pa Gaseng. Dongeng yang disampaikan menggunakan Bahasa Inggris agar cerita-cerita rakyat itu bisa mudah dipahami para siswa TIS yang memiliki latar budaya yang beragam.

"Dongeng harus mengikuti perkembangan era-globalisasi, Bahasa Inggris merupakan medium yang tepat untuk menyampaikannya," katanya.

Untuk menambah wawasan mengenai budaya tradisional, kegiatan tersebut juga menyediakan jajanan tradisional dan mewajibkan para siswanya menggunakan baju khas daerah-daerah di Indonesia.

Selain itu, kegiatan itu juga mengadakan seminar dengan tujuan mengedukasi para orangtua agar lebih baik dalam mendidik anak-anaknya.

Kegiatan ini, kata Lay, merupakan bentuk tanggung jawab lembaga pendidik untuk mengenalkan akar budaya dan filosofinya pada peserta didik.

"Banyak anak-anak yang tidak mengenal nilai-nilai budaya. Acara ini hadir lewat media yang mudah dipahami yaitu dongeng," katanya menambahkan. (AY)
.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,