Hujan Lebat iringi Prosesi Pemakaman Lee Kuan Yew

Hujan Lebat iringi Prosesi Pemakaman Lee Kuan Yew

Hujan Lebat iringi Prosesi Pemakaman Lee Kuan Yew.(Foto:Net)

Singapura -  Selain warga Singapura menangisi kepergian  mantan Perdana Menteri Lee Kuan Yew ke peristirahatannya yang terakhir, alam pun seakan ikut berkabung saat mengantarkan kepergiannya dengan diiringi hujan.
Hal tersebut tampak pada siaran langsung prosesi pemakaman Perdana Menteri pertama Singapura tersebut, yang ditayangkan www.rememberingleekuanyew.sg, Minggu (29/3/2015).
Hujan deras pun mengguyur pada saat iring-iringan jenazah tengah menuju University Cultural Centre. Meski begitu, derasnya hujan ternyata tidak menyurutkan semangat warga Singapura untuk bisa melihat Lee Kuan Yew, dibawa ke tempat peristirahatannya yang terakhir.
Prosesi pemakaman Lee Kuan Yew menuju University Cultural Centre Singapura, sebelumnya telah melewati beberapa tempat-tempat bersejarah, yang dinilai mempunyai kenangan tersendiri bagi mendiang Lee Kuan Yew.
Sebelumnya, sekira 450 ribu warga Singapura pun berkunjung ke Gedung Parlemen Singapura, untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang Lee Kuan Yew. Seluruh warga merasa sangat kehilangan sosok tokoh paling berpengaruh di Singapura tersebut.
Sejumlah pemimpin dunia dijadwalkan menghadiri prosesi pemakaman mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew. Mereka adalah PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Korea Selatan Park Geun-hye, PM Australia Tony Abbott, PM India Narendra Modi, Raja Malaysia Sultan Abdul Halim Mu'adzam Shah, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan juga Presiden Jokowi. 

Seperti dikutip AFP, mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton beserta mantan Menteri Luar Negeri AS Henry Kissinger, teman dekat Lee, juga akan berada di jajaran tamu kehormatan. 

Rencananya setelah tengah hari, peti berisi jenazah Lee yang dibalut bendera Singapura, akan meninggalkan gedung parlemen. Jasad Bapak Nasional ini sudah berada di sana sejak Rabu. 

Peti akan dimasukkan ke kotak kaca dan ditarik mobil Land Rover khusus. Prosesi pemakaman akan diisi penghormatan tembakan 21 senjata api ke udara, dan juga atraksi empat pesawat jet tempur F-16.  Suara sirene akan dibunyikan sebagai penanda momen mengheningkan cipta untuk Lee selama satu menit.

Di Universitas Nasional Singapura itulah iring-iringan jenzah berakhir, untuk kemudian dilanjutkan prosesi pemakaman dan penghormatan oleh para petinggi Asia Pasifik. Acara diakhiri sesi kremasi jasad Lee secara tertutup. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:obituary,