Pengacara Bhatoegana Pertanyakan Gugurnya Praperadilan

Pengacara Bhatoegana Pertanyakan Gugurnya Praperadilan

Jakarta - Kuasa hukum tersangka korupsi Sutan Bhatoegana mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk meminta penjelasan terkait proses praperadilan kliennya yang dinyatakan gugur.

  "Kedatangan kami ke sini untuk meminta konfirmasi pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terhadap pernyataan yang mengatakan praperadilan Sutan Bhatoegana gugur," kata kuasa hukum Bhatoegana, Feldy Taha di PN Jakarta Selatan, Selasa (31/3/2015).
 
Ia membawa surat dari ketua kuasa hukum Bhatoegana, Eggi Sudjana, yang mempertanyakan pernyataan Humas PN Jakarta Selatan I Made Sutrisna yang mengatakan praperadilan mantan ketua komisi VII DPR tersebut telah gugur lantaran KPK telah melimpahkan berkas perkara ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

  Menurut kuasa hukum, praperadilan Bhatoegana belum gugur karena berkas perkara hanya baru dilimpahkan dan sidang perdana belum dimulai.

  Kuasa hukum mendasari pada Pasal 82 ayat 1 huruf d tentang dimulainya pemeriksaan ialah sidang pertama dengan pembacaan dakwaan.

Feldy berpendapat, praperadilan baru dinyatakan gugur apabila sidang pokok perkara Bhatoegana dimulai dengan pembacaan dakwaan.

Selain itu ia juga mengatakan pengadilan negeri tidak bisa menyatakan suatu sidang gugur tanpa keputusan hakim.

  "Sebenarnya secara struktur pengadilan tidak bisa menghentikan praperadilan kita, yang bisa itu hakim," kata Feldy.

  Padahal, I Made Sutrisna beberapa waktu lalu menyatakan secara otomatis sidang akan gugur namun tetap akan dilanjutkan pada 6 April mendatang oleh hakim dengan memutuskan bahwa sidang telah gugur.(Ode)**
.

Categories:Nasional,
Tags:hukum,