Pemrov NTB Merenovasi 1.000 Rumah Kumuh

Pemrov NTB Merenovasi 1.000 Rumah Kumuh

Ilustrasi.(Foto:Net)

Mataram - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengalokasikan anggaran melalui APBD sebesar Rp25 miliar untuk merenovasi 1.000 rumah kumuh dalam rangka menekan angka kemiskinan.

"Masing-masing rumah akan memperoleh dana renovasi sebesar Rp25 juta dan akan disalurkan melalui satuan kerja perangkat daerah terkait," kata Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H Muhammad Amin, pada acara pembukaan pameran property and housing yang digelar PT Gerbang NTB Emas, di Mataram, Rabu (1/4/2015).

Menurut dia masih relatif tingginya angka kemiskinan di daerahnya disebabkan karena faktor kondisi rumah warga yang masih banyak tergolong tidak layak huni.

Indikatornya bisa dilihat dari kondisi atap, dinding dan lantai rumah yang tidak memenuhi standar kelayakan hidup.

Oleh sebab itu, melalui program perbaikan rumah kumuh tersebut, Amin berharap angka kemiskinan NTB yang saat ini masih 17,24 persen bisa turun menjadi tujuh persen pada 2018 mendatang.

"Kami mentargetkan dalam kurun waktu lima tahun (2014-2018), angka kemiskinan turun sebesar 10 persen, atau rata-rata dua persen per tahun, sehingga nanti pada 2018 sisa penduduk miskin hanya tujuh persen," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Amin juga mengajak anggota Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) NTB bekerja sama melaksanakan program perbaikan 1.000 unit rumah warga miskin.

Selama ini, lanjutnya, program perbaikan rumah kumuh ditangani langsung oleh dinas terkait, namun melalui jalinan kemitraan dengan REI NTB diharapkan ada kelebihan yang bisa diperoleh oleh warga penerima bantuan.

"Mungkin Pemprov NTB bersama REI bisa saling berbagi anggaran untuk membangun rumah yang lebih bagus, terserah nanti seperti apa mekanismenya, tinggal dikomunikasikan," ujar Amin.(Ode)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,