Pergelaran Lagu Lawas 10 Pop Sunda Legendaris

Pergelaran Lagu Lawas 10 Pop Sunda Legendaris

Bandung-Serba Sunda. Inilah yang tercermin saat memasuki Gedung Padepokan Mayang Sunda di Jl Peta Bandung, Rabu (1/4/2015) malam.

Begitu masuk, kita sudah disuguhkan minuman khas Sunda, bandrek hangat lengkap dengan ubi, kacang rebus, singkong rebus, dan lainnya.

Usai seremonial yang  menghadirkan pidato Wagub Jabar Deddy Mizwar, Sri Susiagawati selaku Pimpinan Padepokan Mayang Sunda dan Eddy D Iskandar  Pemred SKM Galura, malam Milangkala 27 Galura, menampilkan "Pergelaran Lagu Lawas 10 Pop Sunda Legendaris"  dinanti sedikitnya 200 undangan uang hadir.

Semalam musik yang dibuka oleh Ega Robot Percution jadi berbeda antara  kesyahduan, romantisme dan keempukan vokal artis yang ditampilkan.
Membuka malam, lagu "Barondong Garing" yang dinyanyikan secara all artis menghentak panggung. Ada artis bersuara empuk, Neneng Dinar, Rita Tila, Rya Fitria KDI, Tina Setrawati, dan Sony Riza Windyagiri.

Suara pengantar acara sedikit menggangu, karena dibawakan dalam bahasa Indonesia, untung saja langsung muncul artis Neneng Dinar membawakan lagu "Hariring Kuring" dengan syahdu. Lagu yang dibangun secara klasik itu ikut membuai. Sama halnya saat kembali Neneng mengusung "Es Lilin", kita penonton diajak masuk pada era 60 an. Tepuk tangan kembali membahana begitu Neneng Dinar menyudahi nyanyiannya.

Pun duet antara Rita Tila dan Sony iku memancing senyum. Suara Rita yang kadang kenes ditingkahi  dengan bariton milik Sony berhasil memadukan lagu "Kalangkang". Semalam Rita juga menggoda dengan nomor "Cikapundung". "Cikapundung ayeuna tos moderen," celoteh RIta di tengah lagu. Ega Robot, kadang menggoda dengan gayanya yang khas.
Lagu ini kian hidup dengan warna pop kontemporer. Rita bebas menyapa, lugas memainkan vokalnya yang khas dan sangat pas. Kembali Rita didaulat untuk tampil cantik dalam lagu riang "Mojang Priangan" diakhir penampilannya.

Demikian pula saat giliran
Rya Fitria KDI, penyanyi serba bisa ini tak kalah nikmat mengusung tembang "Warung Ci Kopi"  dan mengusung lagu yang amat populer "Bubuy Bulan".

Malam tadi, Tina Starwati dan Sony juga dipadukan untuk nomor "Bangbung Ranggaek" dan tampil sendiri untuk lagu "Bajing Luncat". Lagu lawas ditangan anak muda ternyata tetap  enak dinikmati para inohong dan budayawan Bandung.(Ode)**

.

Categories:Musik,
Tags:musik,