SMAN 26 Bandung Patungan demi Sekolah Asri

SMAN 26 Bandung Patungan demi Sekolah Asri

Menjaga lingkungan sekolah tetap hijau dan asri tanggung jawab bersama antara semua siswa. (Foto : ADE/CikalNews)

Bandung - Ada saja upaya dalam mengaplikasikan mata pelajaran di kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) misalnya, mata pelajaran ini memang sedang top dan lagi digembar-gemborkan saat ini.
 
Sederhananya, implementasi pelajaran ini adalah terwujudnya sekolah asri, hijau dan berwawasan lingkungan. Namun, rupanya tidak sesederhana itu jika mengingat ada urusan dana yang diperlukan.
 
Lain halnya di sebuah sekolah yang berlokasi di kaki Gunung Manglayang ini. Ada cara unik para pelajar SMAN 26 Kota Bandung dalam mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan. Caranya, mereka rela merogoh kocek, menyisihkan sisa jajan. Tak banyak, cuma lima ratus hingga seribu rupiah.
 
Program ini memang sudah lama digulirkan pihak sekolah, menurut Kasmat Munajat selaku guru PLH di sekolah itu. Dari tahun 2005 program ini sudah ada bertujuan tak lain untuk melatih para siswa agar memiliki rasa kepedulian pada lingkungan.
 
“Secara teknis, program ini memang berjalan lancar, apalagi respon murid begitu antusias ketika hasil penggalangan dana digunakan untuk perawatan tanaman dan penghijauan sekolah,” ujar Kasmat baru-baru ini.
 
Kasmat juga menuturkan, memang sebagian besar siswa berpendapat bahwa pelajaran PLH adalah pelajaran yang menarik dan aplikatif.
 
“Mereka para murid merasa dengan PLH bisa menuangkan ide kreatif ke dalam lingkungan sekitar,” tutunya
 
Kegiatan PLH memang rutin diadakan setiap minggunya. Para siwa dididik bagaimana cara bercocok tanam, mulai dari penanaman, pemupukan, bahkan sampai perawatan.
 
Dengan adanya program ini diharapkan para siswa SMAN 26 Kota Bandung memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitar. Apalagi jika mengingat lokasi SMAN 26 Kota Bandung yang begitu dekat dengan Gunung Manglayang.
.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,