Stasiun Kiaracondong Tempat Pemberangkatan KA Perintis

Stasiun Kiaracondong Tempat Pemberangkatan KA Perintis

Bandung - Stasiun Kiaracondong Kota Bandung akan menjadi tempat pemberangkatan KA perintis Bandung-Cianjur sekaligus menghidupkan kembali jalur yang ditutup awal tahun 2014.

"Rute Bandung-Cianjur rencananya akan dilayani KA perintis, dengan pemberangkatan dari Stasiun Kiaracondong Bandung," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Zunerfin di Bandung, Senin (6/4/2015).

Ia menyebutkan, KA yang rencananya kelas ekonomi itu akan melayani pelanggan setia KA di jalur itu.

Berbeda dengan KA sebelumnya yang pemberangkatan dari Stasin Ciroyom, maka KA perintis mendatang akan diberangkatkan dari Stasiun Kiaracondong Bandung ke Stasiun Cianjur.

Sehingga rute perjalanan KA itu lebih panjang, dan bisa mengakomodasikan penumpang KA dari kawasan Bandung bagian selatan.

"KA itu juga akan berhenti di Stasiun Padalarang Kabupaten Bandung Barat, karena stasiun itu sangat strategis, juga di Cimahi dan stasiun di sepanjang jalur Bandung-Cianjur," kata Zunerfin.

Rute perintis itu, lanjut dia akan tersambung dengan layanan KA Kiansantang dan KA Siliwangi rute Cianjur - Sukabumi dan Sukabumi - Bogor.

"Nanti jam kedatangan di Cianjur akan disesuaikan dengan pemberangkatan KA yang sudah eksisting di jalur itu," katanya.

Selain menyediakan sarana angkutan baru, PTKA dan Satker Perkeretaapian Kementerian Perhubungan juga akan melakukan revitalisasi jalur dan persinyalan di jalur itu.

Sementara itu layanan jalur KA perintis di wilayah Daop II Bandung itu merupakan salah satu dari sejumlah KA perintis yang akan diluncurkan di jalur Sumatera maupun Jateng dan Jatim. (AY)

.

Categories:Bandung,