Komisi IV Imbau Kemen PU Kaji Amblasnya Stadion GBLA

Komisi IV Imbau Kemen PU Kaji Amblasnya Stadion GBLA

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).(Foto:BimaAdi)

Bandung - Komisi IV DPRD Jawa Barat mengimbau Kementerian Pekerjaan Umum untuk segera melakukan kajian terkait amblasnya Stadion Gelora Bandung Lautan Api (BLA) yang akan digunakan sebagai tempat Upacara Pembukaan dan Penutupan PON XIX/2016 Jawa Barat.

"Kajian dari Kementerian PU tentang persoalan Stadion BLA di Gedebage Kota Bandung ini harus segera dilakukan agar hasilnya bisa diketahui," kata Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat Ali Hasan di Bandung, Selasa (7/4/2015).

Menurut dia, hasil kajian dari Kementerian PU itu bisa menjadi acuan Pengurus Besar PON XIX dan stakeholder terkait untuk menentukan langkah selanjutnya terkait apakah layak digunakan untuk upacara pembukaan PON atau tidak.

"Dan saya dengar juga bahwa Pak Gubernur menunggu hasil tersebut. Hasil kajiannya itu bisa menjadi acuan PB PON untuk mengambil keputusan, apakah itu masih layak digunakan atau tidak," katanya.

Pihaknya telah melakukan pemantauan di Stadion Gelora BLA tentang adanya lokasi yang amblas namun dari hasil pemantauan tersebut tidak ada pondasi yang amblas dan menggantung di lokasi tersebut.

"Namun memang retak-retak memang ada dan itu biasa dan masih tahap wajar, itu tidak membahayakan. Kemudian di dalam gedung juga banyak yang bocor, tapi itu bisa diperbaiki," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan dari hasil pantauannya memang ada sejumlah titik yang mengalami kerusakan seperti di halaman depan stadion.

"Di halaman depan, keramiknya turun, amblas. Kita tidak tahu apakah penurunan ini akan berhenti atau tidak. Kita menunggu hasil tim teknis dari Kementerian PU seperti yang ditunggu gubernur. Apakah layak di pakai atau tidak," katanya.

Oleh karena itulah pihaknya menyerahkan masalah itu kepada Kementerian PU agar segera mengeluarkan hasilnya sehingga hal tersebut bisa menjadi landasan penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api sebagai lokasi Opening Ceremony PON XIX 2016 Jawa Barat.

"Mengenai dipindahkan atau tidak soal lokasi opening ceremony terkait kondisi Stadion BLA ini, kita menunggu rekomendasi menteri PU dan gubernur Yang jelas Kementerian PU harus segara melakukan evaluasi dan mengeluarkan hasilnya, apakah stadion ini layak digunakan atau tidak," katanya.  (AY)

.

Categories:Bandung,