Kondisi Waduk Saguling Memprihatinkan

Kondisi Waduk Saguling Memprihatinkan

kondisi Waduk Saguling sudah memprihatinkan

Padalarang - Bupati Bandung Barat,  Abubakar menyatakan kondisi Waduk Saguling sudah memprihatinkan karena kotor dan lingkungan sekitar waduk mulai rusak.

"Karena kondisinya kotor dan lingkungan mulai rusak, Saguling sering dikatakan septic tank, waduk sampah besar," kata Abubakar kepada wartawan di Padalarang, Senin (13/4/2015).

Ia menuturkan persoalan Waduk Saguling bukan hanya ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) saja, tetapi semua pihak yakni pemerintah pusat, pemerintah provinsi, masyarakat dan PT Indonesia Power yang mengelola waduk tersebut.

Menurut dia, penanganannya juga bukan hanya di Saguling saja melainkan harus dilakukan mulai dari hulu hingga hilir Sungai Citarum.

"Persoalan kotornya Waduk Saguling tidak dapat dilepaskan dari peran serta daerah lain dari hulu Sungai Citarum hingga hilir," katanya.

Ia berharap adanya peran Pemerintah Provinsi Jabar dan pusat dalam penanganan Waduk Saguling itu.

Jika kondisinya terus dibiarkan buruk, Abubakar khawatir akan mengganggu fungsi utama Waduk Saguling yaitu sebagai pembangkit listrik untuk kebutuhan Pulau Jawa dan Bali.

"Kabupaten Bandung sebagai daerah hulu Citarum serta Kota Cimahi sebagai daerah aliran Citarum dapat melakukan ikhtiar untuk mencegah terjadinya pembuangan limbah industri dan kotoran, serta sampah," katanya.

Ia menambahkan upaya lain menjaga Waduk Saguling yakni penghijauan areal Saguling agar tidak terjadi erosi yang menyebabkan pendangkalan waduk.

Abubakar juga beharap PT Indonesia Power dalam setiap program penghijauan Saguling dapat melibatkan masyarakat untuk membangun kepedulian menjaga kelestarian Waduk Saguling.

"Saya sudah titip ke IP (Indonesia Power) supaya masyarakat sekitar diberdayakan, masyarakat jangan hanya jadi penonton," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,