BMKG Perkirakan Musim Peralihan Hingga Akhir Mei

BMKG Perkirakan Musim Peralihan Hingga Akhir Mei

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan periode peralihan dari musim hujan ke musim kemarau di wilayah DKI Jakarta akan berlangsung hingga akhir Mei 2015.

"Periode peralihan ini sudah berlangsung sejak Maret 2015. Kami memperkirakan intensitas hujan akan terus turun mulai akhir April hingga akhir Mei 2015, yang diprediksi merupakan awal musim kemarau," kata Kepala Analisis Iklim dan Subdivisi Informasi Ardhasena Sopaheluwakan di kantornya di Jakarta Pusat, Selasa (14/4/2015)

Menurut Ardhasena, saat periode peralihan yang dikenal masyarakat dengan istilah pancaroba itu, matahari tepat berada di atas khatulistiwa.

"Ini yang membuat siang hari terasa sangat panas, dimana setelahnya biasanya terjadi hujan karena penguapan yang tinggi," ujar dia.

Sedangkan ciri khas periode peralihan ditandai dengan terjadinya hujan lebat dalam waktu singkat dan bersifat lokal, kadang disertai angin yang cukup kencang.

Adapun yang perlu diwaspadai dari periode peralihan ini, lanjut dia, adalah longsor dan banjir.

"Bisa saja hujan pada musim peralihan mengakibatkan banjir. Namun yang paling perlu diwaspadai adalah longsor, mungkin tidak untuk wilayah Jakarta, tetapi di daerah selatannya seperti di Bogor yang curah hujannya masih cukup tinggi," tutur Ardhasena.

Sementara itu, berdasarkan data dari BMKG, awal musim kemarau di Indonesia diprediksi terjadi pada bulan April-Juni 2015.

Setelah Juni/Juli juga diprediksi adanya potensi El Nino lemah, yang tidak mempengaruhi awal musim kemarau.

Sebagian besar daerah di Indonesia (34,5 persen) akan mengawali musim kemarau di waktu yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, disamping ada juga yang lebih cepat (33 persen) dan lebih lambat (32,5 persen).

Untuk sifat hujan di musim kemarau, BMKG memperkirakan keadaan masih dalam taraf normal di sebagian besar daerah (63,9 persen) di Tanah Air. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,