Lawan Privatisasi Semua Mata Air Akan Dibeli

Lawan Privatisasi Semua Mata Air Akan Dibeli

Ilustrasi.(Foto:Net)

Purwakarta - Pemkab Purwakarta secara bertahap akan membeli semua mata air di Purwakarta. Itu menyusul langkah pelarangan penjualan air bersih untuk dijadikan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK).

"Selama beberapa bulan ini kami telah melakukan penertiban titik mata air. Dan sekarang ditindaklanjuti dengan langkah akan membeli semua mata air di Purwakarta," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di Purwakarta, Kamis (16/4/2015)).

Dasar dari kebijakan itu, kata Dedi, yakni putusan Mahkamah Konstitusi yang membatalkan UU Sumber Daya Air yang dinilai mendukung privatisasi air. Sementara dalam UUD 1945, air harus dikuasai negara.

"Masyarakat Purwakarta masih kekurangan air bersih sedangkan masih air yang ada diperjual belikan. Itulah, kenapa air harus dikuasai negara," ujarnya.

Dedi menyebut titik mata air di Purwakarta lebih dari 100 titik dan semuanya berada di lahan milik warga di sejumlah kecamatan di Purwakarta.

"Dan kami akan membeli titik mata airnya saja, lahannya tidak dibeli. Tapi kalau pemilik lahannya akan gunakan air ya silahkan asal jangan diperjual belikan," ucap Dedi.(Ode)**

.

Categories:Daerah,
Tags:daerah,