33 Tewas Terkena Bom Bunuh Diri Saat Ambil Gaji

33 Tewas Terkena Bom Bunuh Diri Saat Ambil Gaji

Ilustrasi.(Foto:Net)

Afghanistan - Sedikitnya 33 orang tewas dalam serangan bom bunuh diri di Jalalabad, Afghanistan. Serangan itu dilakukan di luar kantor bank, saat karyawan pemerintah dan warga sipil mengambil gaji bulanan. 

"Sedikitnya 33 korban tewas dalam kejadian itum dan lebih dari 100 orang luka-luka dan sudah dibawa ke rumah sakit," kata Kepala RS Provinsi Dr Najeebullah Kamawal. 

Dilansir dari AFP, menurut juru bicara pemerintah provinsi Ahmad Zia Abdulzai, pihaknya membenarkan serangan tersebut. Dia mengatakan, serangan bom bunuh diri kali ini adalah yang paling mematikan sejak November lalu. Serangan ini dilakukan tak terduga, pasalnya terjadi saat banyak pegawai pemerintah dan warga sipil yang sedang mengambil gaji bulanan mereka. 

"Ledakan terjadi ketika pegawai pemerintah dan warga sipil mengambil gahi bulanan mereka," ujar Abdulzai. Melalui surat pernyataan, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengutuk keras serangan itu. Dia menyebut, aksi bom bunuh diri sebagai aksi pengecut, karena menyerang warga yang tak bersalah. 

"Melakukan serangan-serangan teroris di dalam kota dan tempat umum merupakan aksi paling pengecut yang dilakukan para teroris dengan menyasar warga sipil tak bersalah," kata Ghani dilansir Antara. 

Sebelumnya, 10 April lalu, sebuah bom bunuh diri menggunakna mobil juga meledak dan menewaskan tiga warga sipil. Serangan itu, sebelumnya dimaksudkan menyasar rombongan NATO di Jalalabad. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,