Penularan HIV-AIDS di Cirebon Didominasi Remaja

Penularan HIV-AIDS di Cirebon Didominasi Remaja

ilustrasi. (FOto: Net)

Cirebon - Penularan penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kota Cirebon, Jawa Barat, didominasi oleh remaja.

Sekertaris KPA Kota Cirebon, Sri Maryati, kepada wartawan di Cirebon, Selasa (14/10/2014), mengatakan, penularan penyakit HIV/AIDS di Kota Cirebon didominasi oleh usia remaja sekitar 15-25 tahun, setiap tahun terus bertambah sehingga butuh kesadaran bersama untuk menekan penyebara n peyakit tersebut.

Dikatakannya, tahun 2014 kasus HIV/AIDS di Kota Cirebon mencapai 71 penderitanya merupakan remaja, penyebab mereka akibat prilaku seks tidak sehat, berganti-ganti pasangan dan hubungan sejenis.

Komisi Penanggulangan Aids Kota Cirebon berharap, segera dikeluarkannya Peraturan Daerah. Hal itu penting untuk menekan penyebaran penyakit HIV/AIDS yang semakin pesat, diperkirakan akan terus bertambah.

Sementara itu Suharyanto, salah seorang LSM pemerhati HIV/AIDS, menuturkan, kesadaran semua pihak untuk menekan penyebaran penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) harus segera dibangun, sehingga jumlahnya minimal bisa ditekan.

Perkembangan penyebaran HIV/AIDS Kota Cirebon sangat memprihatinkan, kata dia, dari berbagai kelompak turut menyumbang penularan penyakit tersebut, terutama kalangan remaja yang berprilaku seks bebas, ditambah pengguna narkoba dan penjaja seks komersial dimana semakin maraknya salon plus. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:kesehatan,