Doumbia Bantu Roma Geser Lazio

Doumbia Bantu Roma Geser Lazio

Roma - AS Roma menggeser Lazio untuk menghuni peringkat kedua di klasemen Liga Italia sekaligus spot terakhir Liga Champions pada Senin (4/5/2015) WIB, setelah menang 2-0 atas Genoa.

Gol kedua Seydou Doumbia di Italia dan gebrakan mengagumkan Alessandro Florenzi di fase akhir pertandingan mengamankan kemenangan tiga angka.

Gelandang Italia Florenzi berlari nyaris sepanjang lapangan setelah merebut bola dari Tina Costa sebelum melepaskan tembakan keras tanpa dapat dihalau kiper Genoa Mattia Perin yang membuat para penggemar tuan rumah bersorak gembira, karena mampu menggeser rival sekotanya.

"Tentu saja, gol kedua tercipta sedikit terlambat untuk hati para penggemar Roma, namun hal yang penting adalah kemenangan," kata pelatih Roma Rudi Garcia.

Kemenangan beruntun kedua Roma ini membawa mereka mengumpulkan 64 angka, unggul satu angka atas Lazio, yang hanya mampu bermain imbang 1-1 di kandang Atalanta.

Marco Parolo mengamankan satu angka bagi pasukan Stefano Pioli yang bermain di bawah standar dengan 'bicycle kick' 13 menit sebelum pertandingan usai, setelah mereka tertinggal akibat tandukan Giuseppe Biava pada menit ke-60.

"Kami bermain dengan karakter yang hebat, sebab bahkan jika ini bukan merupakan penampilan terbaik kami secara teknis, ini merupakan nilai yang brilian," kata Pioli.

Lazio masih unggul empat angka atas tim peringkat keempat Napoli, setelah pasukan Rafael Benitez mengalahkan tim peringkat kesepuluh AC Milan dengan skor 3-0, pada pertandingan di mana bek Milan Mattia De Sciglio mendapatkan kartu merah tercepat di Liga Italia musim ini.

De Sciglio, yang tampil memperkuat tim inti untuk kedua kalinya sejak Januari, diusir keluar lapangan pada detik ke-50 akibat pelanggarannya terhadap Marek Hamsik yang membuat tuan rumah mendapatkan penalti pada menit pertama.

Bagaimanapun, penalti itu tidak berbuah gol, karena kiper Diego Lopez, yang mengambil keuntungan dari Gonzalo Higuain yang harus menunggu hampir semenit sebelum mengeksekusi penalti, mampu menggagalkannya dengan melompat ke arah kanan dan meninju bola hasil sepakan pemain Argentina itu.

Milan yang bermain dengan sepuluh pemain mampu bertahan selama 70 menit setelah penalti itu, dan bahkan sempat memiliki peluang melalui sepakan Giacomo Bonaventura yang mengenai tiang gawang lima menit sebelum turun minum.

Namun tiga gol dalam rentang waktu enam menit dari Hamsik, Higuain, dan Manolo Gabbiadini memastikan kemenangan Napoli dan membuat mereka tetap berpeluang mengikuti Liga Champions.

Antonio Di Natale melampaui Roberto Baggio dalam daftar pencetak gol sepanjang masa dengan gol ke-206nya di Liga Italia, yang sudah cukup untuk membawa Udinese menang 1-0 di markas Verona, pada pertandingan di mana Jacopo Sala dan Rafael Marquez diusir keluar lapangan.

Ini mungkin musim terakhir Di Natale untuk Udinese setelah 11 tahun membela klub itu, namun ia menolak mengungkapkan rencana masa depannya.

"Merupakan kehormatan untuk melampaui Baggio dan saya sangat gembira dengan gol itu, namun saya tidak mau berbicara tentang masa depan saya," kata Di Natale (37).

Genoa turun ke posisi ketujuh menyusul kekalahan mereka di markas Roma, dan Fiorentina menang 3-1 atas tim papan bawah Cesena, yang didapat berkat dua gol Josip Ilicic di empat menit babak pertama dan gol lain dari Alberto Gilardino pada menit ke-60.

Fiorentina yang dilatih Vincenzo Montella saat ini mengoleksi 52 angka, unggul dua angka atas Genoa dan satu angka atas tim peringkat keenam Sampdoria, yang pada Sabtu takluk untuk pertama kalinya di musim ini dari Juventus, ketika pasukan Massimiliano Allegri memenangi gelar Liga Italia ke-31nya melalui tandukan Arturo Vidal pada babak pertama.

Inter Milan dicemooh di San Siro setelah bermain imbang tanpa gol dengan Chievo, yang membuat mereka tetap menduduki peringkat kedelapan dengan 49 angka, tertinggal dua angka dari Sampdoria.

Satu angka yang didapat Atalanta ketika bermain melawan Lazio tidak cukup untuk menjamin mereka tidak terdegradasi.

Mereka tetap menghuni peringkat keempat dari bawah dan unggul tujuh angka atas Cesena dan Cagliari, yang akan berhadapan dengan Parma yang sudah pasti terdegradasi pada Senin malam. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,