Mark Zuckerberg Berlalu Begitu Saja

Mark Zuckerberg Berlalu Begitu Saja

kedatangan petinggi Facebook itu belum membawa kerja sama yang jelas untuk menghidupkan dunia ICT Indonesia, sehingga belum ada dampak apa-apa

Jakarta - Kunjungan pendiri sekaligus CEO jejaring sosial Facebook ke Indonesia menuai kritik dari sejumlah pelaku teknologi di Tanah Air. Dengan kata lain, kedatangan Mark tidak membawa dampak yang signifikan bagi dunia ICT di Indonesia.

Menurut Budi Rahardjo, pakar teknologi dan informasi Institut Teknologi Bandung (ITB) misalnya, "kedatangan petinggi Facebook itu belum membawa kerja sama yang jelas untuk menghidupkan dunia ICT Indonesia, sehingga belum ada dampak apa-apa bagi kita,” kata Budi, Kamis (16/10/2014).

 
Harusnya, lanjut Budi jika mereka (Facebook) serius ingin bekerjasama, maka tidak hanya datang bertemu sejumlah pihak itu, tetapi juga mendatangi media, kampus, komunitas pelaku IT dan lainnya. "Perkenalan itu hanya ajang perkenalan biasa dan jalan-jalan saja, jadi hal itu malah bisa merugikan Facebook sendiri,” Budi menyesalkan.

Budi mengatakan, idealnya kantor Facebook yang berada di Jakarta itu tidak hanya digunakan untuk memasarkan aplikasi, tetapi juga upaya seperti market research dan investasi server.

Sementara itu, Teguh Prasetya, Ketua Dewan Pakar Indonesia ICT Forum bahwa  kedatangan petinggi sekaligus CEO Facebook seharusnya bisa membawa manfaat positif untuk kemajuan Indonesia.  “Facebook harus punya komitmen untuk memajukan ICT di Indonesia, sehingga kehadirannya tidak hanya untuk berjualan,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, Facebook harus berinvestasi, salah satunya dengan membangun server sendiri di Indonesia. Hal itu agar penggunaan bandwidth tidak boros.  

Teguh juga menekankan agar OTT seperti Facebook harus turut berbagi revenue kepada penyelanggara telekomunikasi di Tanah Air. Sebab, selama ini merekalah yang berjasa membuat akses internet menjadi lebih baik dengan investasi pada infratruktur. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:teknologi,