Mantan Ketua KONI Kab. Bandung Divonis 1 Tahun

Mantan Ketua KONI Kab. Bandung Divonis 1 Tahun

Hilman Sukirman

Bandung - Hilman Sukirman, mantan Ketua KONI Kabupaten Bandung akhirnya harus menjalani masa tahanan  12 bulan atau 1 tahun kurungan penjara. ia divonis setelah Majelis Hakim Persidangan memutuskan bersalah dalam kasus tindak pidana korupsi, yang merugikan negara hingga 900 juta rupiah bersumber dari dana hibah tahun anggaran 2012.

Pantauan CikalNews.com, Hilman tidak hanya dihukum penjara tapi juga harus membayar denda 50 juta subsider kurungan 1 bulan. Terdakwa terbukti dalam dakwaan No. 31 Tahun 1999, tentanag Pemberantasan Korupsi. Sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001, tentang perubahan atas UU No.31 Tanun 1999, tentang Pemberantahan Tipikor. Namun terdakwa tidak dikenakan uang pengganti, karena telah mengembalikan keuangan negara seluruhnya.

Dalam pertimbangan hakim yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Tipikor Janverson, terdakwa telah menyalah gunakan wewenangnya menggunakan dana hibah dan melanggar Pasal 13 ayat 2 Permendagri No. 32/2011, tentang pedoman pemberian dana hibah dan bansos dari APBD.

"Hilman  memperkaya diri sendiri dan orang lain. Berdasarkan laporan hasil audit BPKP Jabar dugaan Tipikor penyalahgunaan dana hibah KONI Kabupaten Bandung TA  2012," ujar Jeferson kepada wartawan di ruang sidang Pengadilan Negeri, Jalan LRE Martadinata Kota Bandung, Rabu (6/5/2015).

Diketahui, dana hibah KONI dari Pemerintah Kabupaten Bandung sebesar Rp 10,6 miliar, yang dipergunakan Hilman Sukirman tidak sesuai Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Hingga berita ini diturunkan vonis hakim lebih ringan 6 bulan, dan terdakwa pun langsung menerima. Sementara Jaksa Penuntut Umum yang menuntut 18 bulan, menyatakan pikir-pikir. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,