PSSI Tunjuk Pieter sebagai Pelatih Timnas Indonesia

PSSI Tunjuk Pieter sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Pieter Huistra.(Net)

Jakarta - Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) menunjuk Pieter Huistra sebagai pelatih Timnas Indonesia senior dan pria asal Belanda itu akan langsung menangani timnas untuk menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2018.

Pelaksana Tugas Sekjen PSSI Azwan Karim di Jakarta, Kamis, mengatakan, keputusan mengangkat pria yang sebelumnya menjadi direktur teknik PSSI itu berdasarkan rapat Komite Eksekutif PSSI di Jakarta, Sabtu (2/5/2015).

"Pieter akan menjadi pelatih interim terlebih dahulu dan akan dievaluasi di dua laga awal Timnas Indonesia saat melawan Taiwan (11/6) dan Irak (16/6)," katanya seperti yang dilansir tim media PSSI.

Menurut dia, salah satu dasar dipilihnya Pieter Huistra sebagai pelatih dengan status interim adalah karena situasi persepakbolaan nasional yang saat ini belum memungkinkan untuk menunjuk pelatih tetap.

Saat ini persepakbolaan nasional bisa dikatakan dalam masa genting setelah ada perseteruan antara PSSI dengan Kemenpora. Kondisi ini membuat kompetisi semua level termasuk Indonesia Super League (ISL) harus dihentikan.

"Dengan kondisi ini banyak pelatih yang mulanya ingin menukangi Timnas Indonesia jadi ragu usai melihat situasi yang dialami PSSI saat ini," katanya menambahkan.

Sementara itu, Pieter Huistra mengaku sangat senang ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia. Apalagi dalam beberapa bulan terakhir dia sudah mempelajari seluk beluk persepakbolaan nasional.

"Saya ingin menunjukkan kepada seluruh warga Indonesia bahwa sepak bola itu bisa membanggakan, apalagi di tengah isu negatif dan kisruh yang ada sekarang," katanya.

Setelah ditunjuk menjadi pelatih timnas, kata dia, pihaknya akan langsung berkerja cepat untuk menyiapkan tim karena pada kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup F akan menghadapi lawan yang cukup berat.

Namun, pelatih kelahiran 18 Januari 1967 itu belum membeberkan nama-nama pemain yang akan dipanggil untuk memperkuat Timnas Garuda. Pieter Huistra mengaku akan terus memantau calon pemain yang akan dipanggil.

"Saat ini saya masih melihat dan mencari para pemain yang sesuai kriteria saya. Saya ingin pemain yang disiplin, mau berjuang keras, dan bisa menyatu dalam tim. Hal ini perlu demi meraih hasil terbaik dalam sebuah pertandingan nanti," katanya menambahkan. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,