Pesawat Luar Angkasa Rusia Terbakar Jatuh ke Bumi

Pesawat Luar Angkasa Rusia Terbakar Jatuh ke Bumi

Badan Antariksa Rusia mengatakan pesawat itu turun pada Kamis malam.(Foto:Independen)

Moskow - Pesawat luar angkasa Rusia M-27M yang sebelumnya berputar-putar di luar kontrol setelah gagal membawa pasokan untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional, jatuh ke bumi.
Seperti dikutip  The Independent, Jumat (8/5/2015) pesawat tersebut terbakar ketika melintasi atmosfir bumi. "Pesawat itu membentuk bola api di udara, Kamis malam," kata agen luar angkasa Rusia Roscosmos.
Pesawat luar angkasa itu telah lenyap pada pukul 22.09, Kamis 7 Mei 2015. Pesawat itu bergerak ke tengah Samudera Pasifik. Sedangkan beberapa bagian pesawat yang tidak terbakar jatuh ke atas samudera tersebut.
Disebutkan, pesawat tanpa awak tersebut diluncurkan di Kazakhstan, Kamis 28 April 2015. Namun demikian, terjadi kegagalan komunikasi sehingga pesawat lepas kontrol setelah diluncurkan.
Pesawat membawa tiga ton perlengkapan untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional. Perlengkapan itu antara lain makanan, air, bahan bakar, oksigen, dan pakaian untuk enam orang awak stasiun luar angkasa.
Belum ada prediksi apa  dan bagaimana risiko yang akan dialami astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional itu. Sebab tidak mendapatkan pasokan kebutuhan yang cukup hingga pengiriman pasokan berikutnya pada 19 Juni 2015.
Meski demikian, pesawat kargo dari perusahaan Progress memiliki jejak rekam yang baik, tapi ini adalah kegagalan kedua yang dialami selama enam bulan terakhir. Pada Oktober lalu, pesawat kargo dari Orbital Sciences Corp meledak setelah diluncurkan. Pesawat itu diluncurkan untuk laboratorium luar angkasa. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:antariksa,