Pemerintah Pasok Kebutuhan Logistik Korban Longsor

Pemerintah Pasok Kebutuhan Logistik Korban Longsor

Bandung - Pemerintah terus memasok kebutuhan logistik dan kebutuhan lainnya bagi korban bencana alam tanah longsor yang mengungsi di balai desa, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

"Persediaan logsitik terus kita penuhi bagi warga korban longsor yang mengungsi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Marlan di Bandung, Jumat (8/5/2015).

Ia menuturkan, bantuan logistik itu bersumber dari Pemerintah Kabupaten Bandung, Provinsi Jabar dan pusat, serta bantuan dari sukarelawan.

Kebutuhan logistik bagi pengungsi itu, kata dia, dengan menyiapkan dua dapur umum untuk menyajikan tiga kali makan setiap hari.

"Kita siapkan dapur umum, untuk kebutuhan makan para pengungsi sebanyak tiga kali sehari," katanya.

Selain kebutuhan makan, kata Marlan, disiapkan juga posko kesehatan dari Dinas Kesehatan untuk menangani kesehatan pengungsi.

"Kebutuhan lain semua kita siapkan, ada bantuan dari masyarakat, perusahaan, pemerintah pusat dan provinsi, kita himpun semua di posko," katanya.

Terkait kebutuhan air bersih lalu mandi, cuci, kakus, kata dia, juga telah disiapkan di kantor desa, dibantu masyarakat yang memperbolehkan kamar mandi rumahnya untuk pengungsi.

"Kebutuhan air bersih kita suplai terus, selalu siap di kantor desa, termasuk MCK juga telah disiapkan, dibantu masyarakat sekitar pengungsian," katanya.

Sebelumnya, bencana longsor diduga akibat meledaknya pipa panas bumi milik Star Energi Geothermal itu terjadi di Kampung Cibitung, Desa Margamukti, Pangalengan, Selasa sekitar pukul 14.40 WIB.

Akibatnya lima warga sekitar tewas, empat warga dikabarkan tertimbun dan banyak korban luka-luka.

Bencana itu menimbulkan kerugian materi yakni merusak permukiman warga beserta isinya.

Selain itu, 203 jiwa dari 53 Kepala Keluarga mengungsi karena rumahnya terkena dampak dan terancam bencana longsor. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bencana,